Mendag Agus Suparmanto Bebaskan Persetujuan Impor Bawang Putih dan Bombai

Aditya Pratama ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 17:52 WIB
Mendag Agus Suparmanto Bebaskan Persetujuan Impor Bawang Putih dan Bombai

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuat kebijakan baru untuk menstabilkan harga bawang putih dan bawang bombay di pasaran. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuat kebijakan baru untuk menstabilkan harga bawang putih dan bawang bombai di pasaran. Kebijakan tersebut, yaitu dibebaskannya persetujuan impor kedua komoditas tersebut di tengah penyebaran virus korona (Covid-19).

"Hari ini saya memberlakukan dengan, situasi kondisi virus ini dan menjaga stok, kita akan membebaskan persetujuan impor bawang putih dan bawang bombai terhitung diundangkan hari ini dan berlaku besok," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam video conference, Rabu (18/3/2020).

Agus menjelaskan, harga rata-rata nasional bawang putih nasional saat ini masih cukup tinggi, meskipun terdapat penurunan dibanding bulan lalu.

"Harga rata-rata nasional bawang putih saat ini sudah mengalami penurunan namun masih tinggi dibanding bulan lalu yaitu sekitar Rp42.000, walaupun hal ini juga kita antisipasi harga normalnya jauh dari Rp42.000," ucap Agus.

Terkait harga bawang bombai, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyebut kenaikan harga komoditas jauh dari komoditas lainnya, yakni melebihi 100 persen.

"Harga bawang bombai kenaikannya tidak normal, sudah melebihi 100 persen. Untuk itu pada hari ini saya mengambil kebijakan berkaitan dengan bawang putih dan bawang bombay," kata dia.

Editor : Ranto Rajagukguk