Mendag Minta Harbolnas Jadi Ajang Produk Lokal Unjuk Gigi

Aditya Pratama ยท Senin, 09 Desember 2019 - 13:25:00 WIB
Mendag Minta Harbolnas Jadi Ajang Produk Lokal Unjuk Gigi
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Sebentar lagi masyarakat bisa menikmati diskon berbagai produk pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Momen yang jatuh pada 11-12 Desember itu diharapkan bisa menjadi ajang bagi produk lokal untuk unjuk gigi.

"Ini merupakan perhelatan yang tepat untuk mewujudkan visi kita, bersama dalam menyukseskan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Mendag menyebut, pemerintah telah mendorong perayaan Harbolnas sejak tahun lalu. Hal ini dilakukan agar produk dalam negeri tidak kalah saing dengan produk asing.

"Ini tujuannya produk-produk Indonesia tidak kalah dengan produk asing. Kami harap acara ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder e-commerce, khususnya UMKM dalam meningkatkan skala usaha dan memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produknya lebih efisien dengan jangkauan global," katanya.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan e-commerce dan daya saing produk lokal, Mendag menyebut pemerintah telah memiliki berbagai program kerja yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri, kementerian atau lembaga, akademisi, dan masyarakat umum.

"Program pendampingan dan pelatihan mulai dari pengembangan manajemen usaha, digital branding dan marketing, pelatihan ekspor online serta program fasilitator edukasi e-commerce yang melatih local heroes di daerah agar dapat mengeluarkan pengetahuan e-commerce ke UMKM lainnya di sekitarnya," ucap Agus.

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung mengapresiasi minat peserta pesta diskon yang juga dikenal dengan sebutan 12.12 ini.

”Beberapa e-commerce besar yang sebelumnya belum bergabung dalam Harbolnas, kali ini akhirnya menjadi peserta,” ujar Untung.

Dia menyebut, Harbolnas tak hanya menjual produk lifestyle atau elektronik saja. Berbagai produk komoditas juga bisa dinikmati konsumen selama pesta 12.12.

”Selamat bergabung kepada Sayur Box, Tani Hub, dan Brambang.com,” katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda