Menhub Tinjau Renovasi Stasiun Jatinegara, Tampilan Lebih Modern ala Eropa

Aditya Pratama ยท Sabtu, 20 Maret 2021 - 16:29:00 WIB
Menhub Tinjau Renovasi Stasiun Jatinegara, Tampilan Lebih Modern ala Eropa
Wajah Stasiun Jatinegara setelah renovasi. (Foto: iNews.id/Yudistiro Pranoto)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur. Dalam kunjungan tersebut, Budi Karya memantau stasiun yang telah selesai direnovasi.

"Kita lihat bahwa Stasiun Jatinegara sudah selesai dengan elevated (bertingkat)," ujar Budi Karya di sela-sela kunjungan di Stasiun Jatinegara, Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Budi Karya menambahkan, setelah direnovasi, saat ini Stasiun Jatinegara telah memiliki dua lantai. Lantai pertama untuk jalur kereta serta peron dan lantai dua untuk keperluan penumpang mulai dari pembelian tiket, keluar-masuk stasiun dan pindah peron.

"Bisa dilihat bahwa yang tadinya satu lantai, artinya perlintasan dari orang melalui rel-rel sekarang ini sudah ada elevated sehingga pelayanannya menjadi lebih bagus," kata dia.

Dikutip dari situs resmi KAI Commuter Line, bangunan baru stasiun Jatinegara dibuat dengan gaya arsitektur futuristik modern minimalis (gaya arsitektur Eropa yang mencoba menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di Indonesia) menggantikan overkapping stasiun lama peninggalan Staatsspoorwegen.

Namun, bangunan stasiun lama yang asli tetap dipertahankan karena ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Unit Pusat Pelestarian dan Desain Arsitektur PT KAI. Untuk alasan kenyamanan penumpang, pihak PT KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian menyediakan skybridge pada bangunan baru stasiun.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: