Menkeu dan Menag Luncurkan Beasiswa Santri untuk S2 dan S3

Rully Ramli ยท Senin, 12 November 2018 - 19:39:00 WIB
Menkeu dan Menag Luncurkan Beasiswa Santri untuk S2 dan S3
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) dan Menteri Agama Lukman Hakim saat meresmikan beasiswa santri di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (12/11/2018) (Foto: iNews.id/Rully Ramli)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meresmikan Beasiswa Santri melalui Lembaga Pengelola Dana dan Pendidikan (LPDP). LPDP akan memberikan kesempatan untuk 100 santri melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri ke jenjang magister S2 dan doktoral S3.

Menteri Agama Lukman Hakim mengatakan, beasiswa santri merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah terhadap lingkungan pondok pesantren sekaligus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari santri.

"Negara lebih memberikan perhatian yang semakin besar setelah diresmikan hari santri nasional. Meluncurkan berbagai macam program dalam rangka penguatan penguatan pesantren dan Hari ini melalui LPDP, negara secara khusus memberikan afirmasi khusus pada santri," kata Lukman ketika meresmikan beasiswa santri, Senin (12/11/2018).

Lukman juga mengatakan, bantuan dana bukan hanya dapat meningkatkan kualitas santri saja, melainkan juga bisa meningkatkan kualitas keilmuan pesantren. "Ini adalah suatu penguatan bukan hanya institusi, tapi juga sekaligus para aktor di pesantren itu sendiri untuk mengembangkan wawasan keilmuan," kata Lukman menambahkan agar program ini dapat berlangsung dalam jangka panjang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, pemberian beasiswa santri juga merupakan salah satu bentuk nyata pemerintah untuk fokus meningkatkan kualitas SDM Indonesia berkepanjangan. Program ini juga dirancang agar Human Capital Index Indonesia dapat bersaing dengan negara lainnya.

"Dengan diluncurkannya beasiswa santri, kami berharap adanya peningkatan kapasitas santri menjadi sumber daya manusia Indonesia yang produktif, berkualitas, berdaya saing, dan garda terdepan dalam mengusung nilai-nilai ke Indonesia-an," kata Sri Mulyani.

Pada 2019 LPDP akan menambahkan anggaran Rp20 triliun untuk masuk ke dalam dana abadi sehingga tahun depan akan berkisar di angka Rp55 Trilium Program ini adalah program afirmasi yang dibuat oleh kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pendaftaran beasiswa akan dibuka mulai tanggal 15 November sampai 31 Desember 2018 secara online. Adapun pendanaan yang termasuk dalam bantuan dana beasiswa meliputi persiapan keberangkatan, biaya pendaftaran kampus, SPP, dan juga biaya pendukung lainnya.

Editor : Ranto Rajagukguk