Menkeu Sebut Kinerja Ekspor Masih Sulit Dorong Ekonomi

Rully Ramli ยท Sabtu, 12 Oktober 2019 - 13:54 WIB
Menkeu Sebut Kinerja Ekspor Masih Sulit Dorong Ekonomi

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Humas Kemenkeu)

DEPOK, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti kinerja ekspor yang masih tertekan hingga akhir tahun. Situasi ini membuat ekspor sulit diandalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kita menganggap ada beberapa sektor yang masih concern, terutama dari sisi ekspor ya," ujarnya di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Sabtu (12/10/2019).

Pada kuartal II-2019, produk domestik bruto (PDB) tumbuh 5,05 persen secara tahunan. Komponen net ekspor (ekspor dikurangi impor) pada periode yang sama tumbuh negatif 1,84 persen.

Selain ekspor, mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu juga terus memantau pertumbuhan investasi. Meski tumbuh 5,27 persen, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) pada kuartal II-2019 tumbuh melambat.

"Kita akan lihat apakah investasi juga bisa di-stimulate dari berbagai policy maupun dunia usaha," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sebelumnya memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi kuartal III 2019 masih akan berada di atas 5 persen. Konsumsi rumah tangga masih menjadi pendongkrak utama.

Menurut Darmin, ketidakpastian global berupa perang dagang memang akan menekan ekspor. Namun, tidak akan berdampak siginfikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Karena memang kita bergantung pada demand dalam negeri daripada ekspor. Jadi jangan dicampur aduk kalau dunia lagi payah terus kita dianggap juga payah," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah