Menko Airlangga Ajak Calon Investor Berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus

Advenia Elisabeth · Senin, 15 November 2021 - 13:20:00 WIB
Menko Airlangga Ajak Calon Investor Berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak para calon investor untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Indonesia. Menurutnya, kebijakan penetapan KEK hingga kini masih menjadi andalan pemerintah guna mendistribusikan pertumbuhan ekonomi secara merata di seluruh Tanah Air.

"Keberadaan KEK di Indonesia menawarkan berbagai fasilitas bagi penanaman modal, berupa insentif fiskal seperti tax holiday dan tax allowance, serta insentif non-fiskal seperti layanan one-stop services menggunakan Online Single Submission (OSS) untuk perizinan dan pendaftaran usaha, peraturan keimigrasian, ketenagakerjaan, dan pengelolaan lahan," ujar Menko Airlangga dalam dalam Forum Bisnis Dubai Expo 2021 beberapa hari lalu, dikutip Senin (15/11/2021).

Menko Airlangga menjelaskan dengan investor berinvestasi di KEK, maka akan meningkatkan nilai investasi di daerah, mengoptimalkan kegiatan industri termasuk aktivitas ekspor dan impor, serta mempercepat pembangunan dan pemerataan kesempatan kerja.

“Lebih dari itu, KEK secara otomatis juga akan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN), karenanya akan masuk sebagai prioritas untuk dikembangkan,” kata dia.
 
Menko Airlangga menyebutkan, hingga 2021 telah ditetapkan 19 KEK di seluruh Indonesia, yang bergerak di sektor industri manufaktur, pariwisata, hingga ekonomi kreatif.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda