Menko Airlangga Paparkan 6 Strategi untuk Capai Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Cahya Puteri Abdi Rabbi ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 18:09:00 WIB
Menko Airlangga Paparkan 6 Strategi untuk Capai Target Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini
Menko Airlangga memaparkan enam strategi pemerintah dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2022 sebesar 5,2 persen. (Foto: Kemenko Perekonomian)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan enam strategi pemerintah dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun 2022. Adapun pemerintah menargetkan ekonomi Indonesia tumbuh 5,2 persen sepanjang tahun ini.

“Beberapa strategi disiapkan untuk dapat mencapai target ke depan,” ujar Menko Airlangga dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Enam strategi yang diterapkan pemerintah yakni, pertama, memberlakukan pelonggaran mobilitas masyarakat, seperti melonggarkan syarat perjalanan. Namun, strategi ini dijalankan dengan tetap mendorong masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan.

Selanjutnya, pemerintah juga mendorong daya beli masyarakat untuk kelompok 40 persen terbawah, dengan penyaluran anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional 2022 untuk perlindungan sosial yang mencapai Rp63,7 triliun.

Anggaran tersebut difokuskan untuk program keluarga harapan (PKH), bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng,BLT Desa, Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima, Warung Kecil dan Nelayan (BTPKLWN), dan program kartu pra kerja.

Strategi selanjutnya, pemerintah berupaya untuk menahan kenaikan harga pangan dan energi dengan penambahan subsidi. Di mana, tahun ini anggaran subsidi dan kompensasi untuk energi sebesar Rp502,4 triliun.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda