Menko Luhut: Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Proses Transisi Pandemi ke Endemi

azhfar muhammad ยท Selasa, 21 September 2021 - 07:34:00 WIB
Menko Luhut: Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Proses Transisi Pandemi ke Endemi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Ist)

Menko Luhut: Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Proses Transisi Pandemi ke Endemi

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) sekaligus koordinator PPKM, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan vaksinasi Covid-19 menjadi syarat proses transisi dari pandemi ke endemi.

“Berkaca dari pengalaman negara lainnya, vaksinasi Covid-19 menjadi syarat penting untuk proses transisi dari pandemi menjadi endemi,” kata Luhut melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (21/9/2021).

Menurut dia, target pencapaian cakupan vaksinasi sangat penting untuk melindungi masyarakat dari paparan virus Covid-19, sekaligus membentuk herd community atau kekebalan bersama, sehingga sakit parah bahkan kematian akibat Covid-19 dampak terhidarkan. 

Luhut menjelaskan, untuk mencapai herd community, jangkauan vaksinasi Covid-19 di seluruh Kabupaten/Kota harus mencapai 70 persen dosis 1, terutama bagi para lanjut usia (lansia) harus mencapai 60 persen. 

“Namun kinerja beberapa Kabupaten atau Kota masih perlu dikejar untuk mencapai target 70 persen dosis 1 dan terutama 60 persen dosis 1 Lansia. Kami akan bekerja dengan keras untuk mencapai target tersebut,” tutur Luhut. 

Terkait dengan kasus Covid-19 di Indonesia yang terus menurun, Luhut mengatakan, pemerintah akan terus mengimbau dan mendorong masyarakat agar tidak beruforia yang pada akhirnya mengabaikan protokol kesehatan (prokes) untuk perlindungan dari penyebaran Covid-19. 

“Apa yang dicapai kita bersama hari ini, tentunya bukanlah bentuk euforia yang harus dirayakan. Kelengahan sekecil apapun yang kita lakukan ujungnya akan terjadi peningkatan kasus dalam beberapa minggu kedepan,” ungkap Luhut.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: