Menteri PUPR Beberkan Penyebab Jalan Proyek Underpass Kentungan Ambles

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 24 Juli 2019 - 23:59 WIB
Menteri PUPR Beberkan Penyebab Jalan Proyek Underpass Kentungan Ambles

Mobil Land Rover milik turis Australia yang terperosok ke jalan yang ambles di Underpass kentungan Sleman berhasil dievakuasi. (Foto: iNews.id/Heru Trijoko)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan penyebab amblesnya jalan proyek pengerjaan underpass Kentungan, Yogyakarta pada Selasa (23/7/2019) siang. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tersebut dilarang dilalui oleh truk besar. Namun, banyak truk bermuatan masih juga menerobos masuk.

"Karena kan sempit itu. Kalau dia sempit, sudah mulai digali kan masih sisa sedikit padahal pasir di Jogja itu sehingga dilarang truk truk besar masuk situ," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Dia melanjutkan, jalan proyek pengerjaan underpass Kentungan ini belum cukup kuat untuk dilalui kendaraan berat apalagi yang mengangkut muatan. Pasalnya, pondasi masih berupa pasir sehingga begitu terkena getaran dari kendaraan berat akan mudah runtuh.

"Nah ini ada truk nyelonong dengan membawa muatan mogok di tempat sehingga ada getaran, getaran," ucapnya.

Padahal menurut dia, polisi sudah berjaga sebelum memasuki jalan tersebut agar tidak ada kendaraan berat menerobos masuk. "Makanya yang polisi sudah jaga di situ tapi mereka melanggar," kata dia. 

Selain penjagaan, pihaknya juga telah menguatkan pondasi agar tidak mudah runtuh. Namun, penguatan belum dilakukan hingga atas sehingga masih rawan jika terjadi getaran dari kendaraan besar.

"Sudah ada (penguatan) tapi belum sampai di atas," kata dia.

Sebelumnya, pantauan iNews.id di lokasi kejadian, kendaraan pertama yang terguling merupakan truk pengangkut kayu berpelat nomor H 1472 UI, yang dikemudikan Ahmad Mujahidin (33) warga Batang. Sementara yang kedua, Toyota Land Rover berpelat nomor TDI-110, dikendarai turis Australia Rule Michael John (45) bersama istri dan anaknya.

Penyebab amblesnya jalan proyek di sisi barat proyek underpass ini masih diselidiki. Dugaan awal, sisi paling ujung dekat galian proyek tidak mampu menahan beban kendaraan. Namun dipastikan, dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban.

“Ada dua kendaraan yang terjerembab. Satunya berpelat Australia berisi tiga orang dan sebuah truk pengangkut kayu,” ujar Kapolres Sleman AKBP Rizki Ferdiansyah saat dikonfirmasi, Selasa (23/7/2019).


Editor : Ranto Rajagukguk