Menteri Trenggono Ajak Stakeholder Maritim Lawan Illegal Fishing

Michelle Natalia · Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:24:00 WIB
Menteri Trenggono Ajak Stakeholder Maritim Lawan Illegal Fishing
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak para pemangku kepentingan di bidang maritim untuk bersinergi dalam menjaga sumber daya laut dari praktik illegal fishing. Diketahui praktik illegal fishing masih kerap terjadi sehingga merugikan Indonesia.

“Di tengah berbagai upaya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia, kita masih melihat beberapa kegiatan pencurian terkait laut Indonesia yang masih terjadi melalui praktik-praktik Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing,” ujar Menteri Trenggono dalam keterangannya, Sabtu (22/1/2021).

Dia menuturkan, dari hasil identifikasi terdapat 12 modus operandi yang dipakai oleh pelaku illegal fishing di Indonesia di antaranya tidak mendaratkan ikan di pulau pangkalan, pemalsuan dokumen kapal, registrasi kapal ganda, transhipment, mematikan VMS dan AIS, pelanggaran jalur penangkapan, mark down ukuran kapal, hingga penggunaan alat tangkap ikan terlarang.

Untuk memerangi praktik illegal fishing, KKP telah mengeluarkan berbagai kebijakan sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini mulai dari memperkuat patroli oleh tim PSDKP, bersinergi dengan penegak hukum, hingga tidak memberikan izin penangkapan ikan pada kapal asing.

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2