Pamit, Menteri Susi Titip Pesan Jaga Laut Indonesia dari Pencuri Ikan

Okezone ยท Selasa, 17 September 2019 - 12:18 WIB
Pamit, Menteri Susi Titip Pesan Jaga Laut Indonesia dari Pencuri Ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti berpamitan dengan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Satgas 115). Dia berpesan agar Satgas 115 tetap menjaga sumber daya laut Indonesia dari para pencuri.

Masa jabatan Menteri Kabinet Kerja Jilid I akan segera berakhir dalam hitungan hari, termasuk Menteri Susi. Jika tak diperpanjang, maka harus menanggalkan jabatannya diganti dengan yang baru.

BACA JUGA:

Susi Pudjiastuti Jadi Menteri Jokowi Paling Populer di Media Sosial

Disuguhkan Air Minum Kemasan Plastik, Sri Mulyani dan Menteri Susi Marah-Marah

Menteri Susi berpesan agar kedaulatan sumber daya laut Indonesia terus dijaga. Jangan sampai ketika menteri KPP diganti, pencuri ikan asing kembali bebas berkeliaran

Selain itu, dia juga berpesan agar produktivitas sumber daya laut Indonesia ditingkatkan. Dengan begitu, nilai tambah hasil laut bisa meningkat.

“(Masa jabatan) saya akan berakhi. Dengan adanya Bapak-Bapak ini jagalah kedaulatan sumber daya laut kita, jaga produktivitas sumber daya laut kita,” ujarnya dalam Rakornas Satgas 115 di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Selain itu, Susi berharap agar kesejahteraan nelayan lokal bisa terus meningkat. bisa terjadi. Jangan sampai, sumber daya laut dikuasai segelintir orang saja.

“Memastikan ini terjadi supaya kesejahteraan terjadi. Apabila ini ekstraktif dibiarkan, sementara nelayan tradisional menangkap ikan dengan benar satu-satu,” tuturnya.

Menurut Susi, tanpa kesejahteraan nelayan, stabilitas keamanan bisa terganggu. Nelayan kecil akan protes karena pemerintah tidak adil dalam mengeluarkan kebijakan.

“Kalau tidak kemiskinan akan menganggu keamanaan stabilitas. Kesulitan akan menjadikan konflik antar daerah,” ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah