Pandemi Covid-19, Chatib Basri: Perusahaan Jadi Zombie Hanya Bayar Utang

Rina Anggraeni ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:26:00 WIB
Pandemi Covid-19, Chatib Basri: Perusahaan Jadi Zombie Hanya Bayar Utang
Ekonom Chatib Basri. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat perusahaan tak bisa menjalankan aktivitas dengan normal seiring Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ekonom Chatib Basri menyebut, perusahaan sulit mencapai nilai ekonomis sehingga menyebabkan statusnya seperti zombie.

“Company jadi company zombie. Dia kerja untuk bank, hanya bayar utang. Ini membuat orang tidak berminat berekspansi usaha,” ujar Chatib Basri dalam video virtual, Rabu (13/10/2020).

Di mencontohkan, jumlah pengunjung restoran dan mal dibatasi maksimal 50 persen. Sementara, biaya sewa tetap jalan seperti biasa saat PSBB.

“Kalau buka usaha, rent enggak peduli orang yang datang 50 atau 100 persen, bayar sewa sama. Itu fix cost yang datang hanya 50 persen, artinya company enggak bisa mencapai skala ekonomis,” ujarnya.

Dia menjelaskan, indeks manufaktur Indonesia (PMI) naik ke level 50,8 pada Agustus 2020. Namun, pada September 2020 kembali turun ke 47,2.

"Yang mau saya tunjukkan dari big data google itu semua indikatornya menunjukan setelah di bulan Juni itu aktivitas melambat. Jadi yang ke kantor pertumbuhannya makin lama makin turun. Yang pergi ke grocery dan pharmacy makin turun, ritel dan rekreasi makin lama makin turun. Jadi itu membuat perusahaan susah melakukan ekspansi," tuturnya.


Editor : Ranto Rajagukguk