Peluang Resesi RI Kecil dibanding AS dan Eropa, Sri Mulyani: Tetap Waspada

Michelle Natalia · Rabu, 27 Juli 2022 - 18:28:00 WIB
Peluang Resesi RI Kecil dibanding AS dan Eropa, Sri Mulyani: Tetap Waspada
Peluang resesi RI kecil dibanding AS dan Eropa, Menkeu Sri Mulyani minta tetap waspada

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyoroti probabilitas resesi yang mulai nampak di berbagai belahan dunia. Dibanding dengan beberapa negara lain di dunia, peluang resesi di Indonesia jauh lebih kecil.

Berdasarkan survei Bloomberg, angka probabilitas resesi di beberapa negara seperti Sri Lanka sebesar 86 persen, Eropa 55 persen, Amerika Serikat (AS) 40 persen, dan China 20 persen. Sementara Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Australia, Taiwan, Malaysia, Thailand, dan sederet negara lainnya juga tak lepas dari probabilitas resesi. 

"Angka probabilitas resesi Indonesia berdasarkan survei tersebut masih jauh lebih kecil di 3 persen," kata dia dalam konferensi pers APBN KITA edisi Juli 2022 di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Dia menuturkan, dengan kondisi dinamika global yang tak menentu seperti saat ini, risiko resesi menjadi semakin nyata. Tak hanya itu saja, kini bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve atau The Fed sudah berencana untuk menaikkan suku bunga acuannya.

"Bahkan, kemungkinannya meningkat tajam. Kita lihat ada kenaikan suku bunga yang memunculkan adanya tantangan atau ancaman resesi," ujarnya. 

Namun, dia meyakinkan posisi Indonesia masih cukup baik. Namun, dia mengingatkan supaya tidak terlena dan tetap waspada. 

"Seperti yang diramalkan IMF, ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh 5,3 persen. Meski proyeksinya masih di posisi yang baik, kita tidak boleh terlena dan harus tetap waspada," ucapnya. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda