Pembangunan Ibu Kota Baru Ditunda, Bappenas Beberkan Alasannya

Rina Anggraeni ยท Selasa, 08 September 2020 - 13:48 WIB
Pembangunan Ibu Kota Baru Ditunda, Bappenas Beberkan Alasannya

Bappenas memastikan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur ditunda. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas/Kementerian PPN) memastikan rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur ditunda. Pasalnya, pemerintah masih fokus pada penyelesaian pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan Ibu Kota baru akan dilanjutkan pada 2021. Hal ini sesuai dengan rencana kerja Bappenas.

"Kemudian Ibu Kota negara memang saat ini masih di-hold tapi kita tetap menjalankan untuk komunikasi pada tim rumusan koordinasi," ujar Suharso dalam rapat kerja dengan DPR, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Dia menuturkan, pemerintah saat ini tetap menyiapkan masterplan dan pembangunan infrastruktur dasar di kota-kota penyangga di Kalimantan  Timur. Adapun pembangunan di kota penyangga ini sudah dilaksanakan pada 16 Januari 2020 lalu.

"Tapi kita sudah bangun penyangganya pada 16 Januari 2020 dan waktu Desember 2019 kita lakukan pembangunan itu sangat terbantu, namun saat ini kita tunda karena adanya penanganan Covid-19," ujar dia.

Editor : Ranto Rajagukguk