Pemerintah Siap Beli 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca dan Novavax

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 30 Desember 2020 - 14:20:00 WIB
Pemerintah Siap Beli 100 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca dan Novavax
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah mengamankan pasokan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca dan Novavax yang masing-masing sebesar 50 juta dosis atau total 100 juta dosis. Selain itu, pada kamis 31 Desember 2020, pemerintah juga akan memperoleh 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China. 

Dengan dengan demikian, sudah ada 3 juta vaksin Covid-19 Sinovac berada di Indonesia. "Dari track multilateral diplomasi kita terus bekerja berkomunikasi dan berkoordinasi dengan WHO, GAVI dan lain-lain dalam rangka mengamankan akses vaksin melalui mekanisme COVAX-AMC (Advance Market Commitment) dengan range perkiraan perolehan adalah 3-20 persen jumlah penduduk. Kita terus akan kawal proses ini," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Rabu (30/12/2020). 

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan, Indonesia menjadi satu dari sedikit negara yang telah mengamankan vaksin Covid-19 untuk keperluan dalam negeri. Meski begitu, Indonesia tidak hanya memikirkan kebutuhan sendiri, namun juga berkontribusi agar negara lain.

Retno mengatakan, sejalan dengan prinsip kesetaraan akses vaksin Covid-19 bagi semua negara dan sebagai wujud tanggung jawab Indonesia kepada dunia, maka Indonesia telah berkontribusi melalui Coalition for Epidemic Preparedness Innovations atau Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (Cepi). 

Editor : Ranto Rajagukguk

Halaman : 1 2