Pemprov DKI Jakarta Gelar PTSP Goes To Mall, Masyarakat Minta Dilaksanakan Lebih Rutin

Isna Rifka Sri Rahayu · Sabtu, 16 November 2019 - 19:09 WIB
Pemprov DKI Jakarta Gelar PTSP Goes To Mall, Masyarakat Minta Dilaksanakan Lebih Rutin

Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan PTSP Goes To Mall. (Foto: iNews.id/Isna Rifka)

JAKARTA, iNews.id - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan PTSP Goes To Mall. Namun, program ini hanya diselenggarakan di beberapa mall selama beberapa hari saja.

Salah satu pengunjung Mall Kelapa Gading 3, Edward berharap program ini lebih gencar diadakan agar lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaatnya. Pasalnya, dia sendiri sudah merasa sangat terbantu dengan adanya PTSP Goes to Mall di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Jangan cuma beberapa kali saja tapi lebih sering. Terutama di weekend, biasanya di mall ada event-event, keluarga juga lagi pada kumpul jadi kita bisa tanya-tanya lebih detail. Jadi kalau bisa sih terus saja ditingkatkan dan lebih rutin," ujarnya di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Sabtu (16/11/2019).

Menurutnya, program PTSP Goes To Mall sangat bagus karena terjangkau lokasinya untuk masyarakat. Sebab, seringkali masyarakat kesulitan mendapatkan informasi atau sekedar bertanya soal permasalahan di perizinan karena sibuk dengan kegiatan sehari-hari.

"Jadi untuk mempermudah karena dengan adanya edukasi ini kan masyarakat bisa tau detail program-program pemerintah itu seperti apa jadi kita untuk proses perizinan dan step-step atau langkah-langkah apapun kita bisa dapat secara detail," ucapnya.

Dia hari ini mengunjungi PTSP Mall Kelapa Gading 3 untuk bertanya mengenai proses pembuatan izin mendirikan bangunan (IMB). Dia pun merasa puas dengan pelayanan dan informasi yang diberikan petugas PTSP di sini.

"Untuk pembuatan IMB. Tidak (bikin rumah), saya baru beli (tanah) buat garasi. Saya pengen tahu proses pembuatannya itu seperti apa. Ternyata kan sekarang sudah beberapa yang online dan itu akan memudahkan dan lebih bagus," tutur dia.

Kehadiran PTSP Goes to Mall juga untuk mendekatkan akses informasi dan layanan perizinan dan non-perizinan kepada masyarakat dengan pemberian informasi. Selain itu juga untuk mengubah citra birokrat yang kaku dan berjarak dengan cara hadir di tengah masyarakat, serta sebagai sarana kerjasama antara pemerintah, pihak swasta, media, dan masyarakat. 

PTSP Goes to Mall memberi pelayanan perizinan dan non-perizinan yang menjadi kewenangan Pemprov DKI Jakarta, diantaranya izin usaha, izin kegiatan perorangan, izin lingkungan, izin pembangunan, dan lain-lain.

Editor : Ranto Rajagukguk