Perjuangkan Rumah untuk Milenial, Erick Thohir Siap Lobi Bank Jepang

Antara ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 19:00 WIB
Perjuangkan Rumah untuk Milenial, Erick Thohir Siap Lobi Bank Jepang

Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Generasi milenial dinilai semakin sulit untuk membeli rumah. Salah satunya penyebabnya mahalnya sumber pembiayaan untuk kredit pemilikan rumah (KPR).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, anak muda saat ini kesulitan untuk membayar uang muka (down payment/DP) dan cicilan dari perbankan saat ini.

"Maka itu, kita harus mencari negara-negara yang bunga perbankannya murah, contohnya JBIC (Japan Bank for International Cooperation)," katanya di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Erick mengaku akan berkunjung ke Jepang untuk bertemu dengan manajemen JBIC. Dia berharap bank Jepang tersebut tertarik membiayai program pemerintah.

"Pekan ini saya berangkat lagi ke Jepang untuk bertemu dengan JBIC bahwa hal-hal ini khususnya JBIC, pembangunan satu juta rumah bagi generasi milenial bisa tercapai," ujarnya.

Nantinya, kata Erick, JBIC akan didorong untuk bermitra dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Dengan demikian, bank BTN akan memperoleh pasokan dana murah dari JBIC.

"Dengan adanya pakta dengan JBIC melalui bunga KPR yang efisien, maka di situ akan bisa membantu satu juta rumah bagi generasi milenial," ucapnya.


Editor : Rahmat Fiansyah