Perkuat SDM, Jokowi Akan Bangun Lembaga Manajemen Talenta Indonesia

Rahmat Fiansyah ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 21:40 WIB
Perkuat SDM, Jokowi Akan Bangun Lembaga Manajemen Talenta Indonesia

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada periode kedua pemerintahannya. Dia bakal membangun lembaga manajemen talenta Indonesia.

"Pemerintah akan mengindentifikasi, memfasilitasi, dan memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri pada talenta-talenta Indonesia," ujar Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Jawa Barat, Minggu (14/7/2019).

Selain itu, dia juga akan mengundang diaspora Indonesia yang berada di luar negeri untuk kembali ke Tanah Air, sehingga bisa ikut berkontribusi pada percepatan pembangunan di Indonesia. Pemerintah, kata dia, akan menyiapkan lembaga-lembaga kursus untuk diaspora-diaspora ini.

"Sehingga kita akan mengelola talenta-talenta yang hebat yang bisa membawa negara ini bisa bersaing secara global," ucap dia.

Untuk mewujudkan SDM yang tangguh, Jokowi menekankan pada pentingnya kesehatan, bahkan mulai dari ibu hamil. Kesehatan tersebut mencakup anak-anak kecil yang memasuki usia emas.

"Ini adalah bibit Indonesia yang unggul ke depan. Jangan sampai ada stunting, kematian ibu, bayi yang meningkat. Tugas besar kita ada di situ," tutur dia.

Selain kesehatan, pendidikan juga menjadi kunci. Jokowi pun menjanjikan peningkatan kualitas pendidikan formal dan sekolah vokasi.

Editor : Rahmat Fiansyah