Perluas Pasar Pangan Lokal, Kementan Dorong UMKM Go Digital
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengungkapkan, akan mengimplementasikan tiga fokus arahan Menteri Pertanian tersebut lewat strategi-strategi khusus untuk mencapai target-target diversifikasi pangan lokal secara maksimal.
“Pertama seperti yang pak Menteri katakan, kami akan fokus pada peningkatan produksi dan ketersediaan pangan lokal itu sendiri. Kedua kami akan lakukan promosi atau kampanye baik secara formal baik melalui peraturan, surat edaran, ataupun dalam bentuk instruksi, sedangkan dari sisi informalnya kami akan lakukan promosi lewat media-media sosial,” katanya.
Selanjutnya, kata Agung, pihaknya juga akan memperbaiki akses masyarakat kepada pangan lokal, lewat penguatan UMKM melalui pendampingan, fasilitasi pelatihan peningkatan kapasitas produksi dan branding produk hingga kemudahan Kredit Usaha Rakyat (KUR). “Dan yang terpenting kami juga akan berupaya membuka akses UMKM ke pasar fisik dan online,” ujarnya.
Sebagai informasi acara Launching Marketplace dan Ekspose UMKM Pangan Lokal ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 26 sampai 29 November 2020. Untuk meningkatkan kapasitas para pengusaha UMKM pangan lokal binaan, acara ini juga dirangkai dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Penderasan Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras yang diadakan di Harris Hotel and Convention Bekasi.
Editor: Ranto Rajagukguk