Presiden Jokowi Ingin B50 Bisa Diterapkan pada Akhir 2020

Rully Ramli · Senin, 12 Agustus 2019 - 18:06 WIB
Presiden Jokowi Ingin B50 Bisa Diterapkan pada Akhir 2020

Presiden Joko Widodo. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kebijakan mandatori biodiesel terus ditingkatkan. Kebijakan ini dinilainya bakal efektif mendorong perekonomian.

Presiden meminta pencampuran FAME ke solar sebesar 20 persen (B20) bisa dilaksanakan penuh, sehingga pada Januari 2020 bisa naik menjadi B30. Selain itu, dia juga menargetkan mandatori ini bisa meningkat menjadi B50 pada akhir 2020.

"Kita ingin lebih cepat, mulai dari B20 ini ingin mengurangi ketergantungan pada energi fosil, dan juga yang paling penting, kita ingin mengurangi impor minyak kita," kata Presiden dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Menurut dia, penerapan B20 secara konsisten bisa menghemat impor lebih dari 5,5 miliar dolar AS. Selain memperbaiki defisit neraca perdagangan, industri CPO yang kini lesu juga bisa semakin menggeliat.

"Angka ini gede banget, di samping dan yang tidak kalah penting penerapan B20 akan menciptakan permintaan domestik akan CPO yang sangat beasr, yang kita harapkan berdampak terhadap 17 petani, pekebun, dan pekerja yang ada di kelapa sawit," ucap dia.

Mantan wali kota Solo itu menilai, pemerintah harus berpihak kepada industri CPO karena kelapa sawit tengah menghadapi tekanan dari negara-negara lain, terutama Uni Eropa. Kondisi ini membuat posisi tawar CPO lemah karena harganya yang murah.

"Kita harus sadar semuanya bahwa kita pada kondisi CPO kita tertekan oleh permintaan dunia, sehingga semuanya harus komitmen yang sama, punya keinginan yang sama bahwa pasar domestik bisa mengatasi problem yang ada," ujar dia.

Dia memastikan akan mengawasi kebijakan ini secara serius. Dia akan meminta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), bahkan membuka opsi menggunakan Price Waterhouse Copper (PWC) untuk mengaudit pelaksanaan kebijakan mandatori biodiesel.


Editor : Rahmat Fiansyah