Proyek Jalan Trans Papua Ditunda hingga 2021 akibat Covid-19

Antara · Rabu, 22 Juli 2020 - 07:15 WIB
Proyek Jalan Trans Papua Ditunda hingga 2021 akibat Covid-19

Kementerian PUPR menunda sejumlah proyek strategis jalan Trans Papua tahun ini hingga 2021 akibat pandemi Covid-19. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan menunda sejumlah proyek strategis Jalan Trans Papua tahun ini. Pelaksanaan proyek ditunda hingga 2021 akibat pandemi Covid-19.

Wakil Menteri PUPR, John Wempio menjelaskan, akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia sejak Februari 2020, sebagian alokasi anggaran Kementerian PUPR dialihkan untuk penanganan wabah.

"Ada beberapa pekerjaan termasuk di Papua bukan dibatalkan, tapi ditunda pelaksanaannya sampai 2021," ujar Wetipo dilansir dari Rabu (22/7/2020).

Mantan Bupati Jayawijaya dua periode itu menyebut pada tahun anggaran 2020 Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp120 triliun. Setelah adanya pandemi COVID-19, anggaran Kementerian PUPR 'recofusing' dialihkan ke program penanganan Covid-19 sebesar Rp46 triliun.

Sisa anggaran Kementerian PUPR sebesar kurang lebih Rp70 triliun akan digunakan untuk penanganan infrastruktur, termasuk penanganan masalah bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan.

Terkait pembangunan jalan Trans Papua. Wamen PUPR menyebut pemerintah sangat fokus bisa segera menyelesaikan agar terjadi konektivitas antarwilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sebagaimana arahan bapak presiden, kita memang fokus untuk menyelesaikan itu. Apalagi saya sudah diberikan penugasan khusus melalui Perpres Nomor 27 Tahun 2020 untuk koordinasi dan pengendalian pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua dan Papua Barat," ujar Wetipo.

Berdasarkan laporan dari Balai Pembangunan Jalan Nasional Wilayah Papua dan Papua Barat, ada beberapa titik di ruas jalan Trans Papua yang longsor akibat curah hujan tinggi.

"Pak Zefnat dari Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional Wilayah Papua sudah meninjau ke beberapa titik ruas jalan Trans Papua yang dilaporkan longsor. Mudah-mudahan itu bisa segera ditangani secepatnya," kata Wetipo.

Editor : Dani Dahwilani