Raja Salman di KTT G20: Distribusi Vaksin Covid-19 Harus Adil dan Mudah Diakses

Michelle Natalia ยท Minggu, 22 November 2020 - 10:47:00 WIB
Raja Salman di KTT G20: Distribusi Vaksin Covid-19 Harus Adil dan Mudah Diakses
Raja Arab Saudi ketujuh sekaligus Penjaga Dua Kota Suci Salman bin Abdulaziz al-Saud meminta optimisme untuk menghadapi pandemi Covid-19 harus tetap dijaga. (Foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Raja Arab Saudi ketujuh sekaligus Penjaga Dua Kota Suci Salman bin Abdulaziz al-Saud meminta optimisme untuk menghadapi pandemi Covid-19 harus tetap dijaga. Bahkan, dalam sambutannya di konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 Riyadh Summit, Sabtu (21/11/2020), malam, dia mengajak semua negara tetap optimistis sembari menunggu pengembangan vaksin Covid-19. 

Namun, meskipun optimistis dengan kemajuan yang dicapai dalam pengembangan vaksin, alat diagnostik, dan pengobatan Covid-19, masih ada hal lain yang harus dicapai. Menurut Salman, hal yang lebih penting adalah distribusi vaksin dan obat Covid-19 dengan akses yang mudah, adil serta merata.

"Kita harus bekerja keras agar bisa menciptakan kondisi dimana akses terhadap alat dan obat ini bisa terjangkau dan adil bagi semua orang," ungkap Raja Salman di Riyadh, Sabtu (21/11/2020). 

Berdasarkan pengalaman pandemi Covid-19 ini, dia juga berpesan agar semua negara juga harus membuat persiapan yang lebih baik untuk berjaga-jaga menghadapi hal lainnya di masa depan. Tak lupa, Salman mengingatkan negara-negara berkembang dengan penghasilan rendah masih berada dalam posisi rentan.


Editor : Ranto Rajagukguk