Reaktivasi Rel Selesai, Kereta Api Sukabumi-Cianjur Terkoneksi hingga Ciranjang

Rully Ramli ยท Selasa, 30 Juli 2019 - 21:02 WIB
Reaktivasi Rel Selesai, Kereta Api Sukabumi-Cianjur Terkoneksi hingga Ciranjang

Kereta api (KA) Siliwangi resmi memulai perjalanan perdana dari Stasiun Ciranjang menuju Sukabumi. (Foto: Humas Kemenhub)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merampungkan reaktivasi jalur kereta api (KA) lintas Cianjur-Ciranjang. Jalur tersebut sudah beroperasi yang ditandai dengan perjalanan perdana KA Siliwangi relasi Sukabumi-Ciranjang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub, Danto Ristyawan mengatakan tarif yang berlaku masih sama dengan tarif sebelumnya Sukabumi-Cianjur sebesar Rp3.000. Tarif tersebut disubsidi oleh pemerintah KA Siliwangi saat ini memiliki frekuensi perjalanan tiga kali per hari.

Untuk keberangkatan dari Stasiun Ciranjang dijadwalkan masing-masing pada pukul 08.20 WIB, 13.40 WIB, dan 18.50 WIB. Sementara dari Stasiun Sukabumi berangkat pukul 05.45 WIB, 10.55 WIB, dan 16.15 WIB.

Menurut Danto, kehadiran kereta api relasi Sukabumi-Ciranjang bisa menjadi alternatif transportasi menuju Bandung dari Cianjur. Hingga saat ini, ditemui sejumlah titik kemacetan di jalur jalan raya antara kedua kota itu, yang mengakibatkan lamanya waktu tempuh kendaraan.

"Oleh sebab itu kami berkomitmen untuk memberikan alternatif solusi permasalahan kemacetan transportasi yang ada di wilayah Jawa Barat," kata Danto, Selasa (30/7/2019).

Dia berharap, penambahan jalur KA dari Cianjur ke Ciranjang bisa menambahkan kecepatan operasi KA dari 40 km per jam dengan waktu tempuh 28 menit menjadi 60 km per jam dengan waktu tempuh 15 menit.

"Program reaktivasi jalur kereta api ini secara bertahap akan berkelanjutan sehingga jalur kereta api antara Cianjur sampai dengan Padalarang dapat segera terhubung," ucap dia.

Editor : Rahmat Fiansyah