Resmi Dibuka, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV Pukul 12.00 WIB

Rina Anggraeni ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 08:13 WIB
Resmi Dibuka, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV Pukul 12.00 WIB

Pemerintah memastikan pendaftaran kartu prakerja gelombang empat akan dibuka hari ini pada pukul 12.00 WIB. (Foto:

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memastikan pendaftaran kartu prakerja gelombang empat akan dibuka hari ini pada pukul 12.00 WIB. Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahuddin menjelaskan, pendaftaran kartu prakerja bisa dilakukan di Kementerian Ketenagakerjaan atau Dinas Tenaga Kerja di daerah.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020. Melalui aturan ini, pendaftaran Kartu Pra Kerja juga dilakukan secara offline.

"Nah wajib mendaftarkan diri ini bisa dengan cara daring melalui situs resmi program Kartu Prakerja atau melalui luring. Luring ini bisa melalui kementerian yang menangani ketenagakerjaan atau pemerintah daerah khususnya di dinas ketenagakerjaan," kata Rudy dalam akun youtube Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Sabtu (8/8/2020). 

Dia membeberkan bagi calon pendaftar kartu prakerja harus datang sendiri ke instansi yang bersangkutan. Kemudian mengisi formulir yang isinya sama dengan pendaftaran online.

"Bagaimana cara pendaftarannya, si pemohon harus datang sendiri, harus datang langsung kepada instansi tersebut, lalu mengisi formulir yang mana isian formulir ini secara manual tapi isinya sama yang ada di dalam pendaftaran daring," tuturnya.

Dia melanjutkan, surat yang diisi calon pendaftaran itu akan dikumpulkan di kementerian atau dinas terkait. Kemudian, permohonan itu dikirimkan ke Project Management Office (PMO) atau Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

"Dari permohonan tersebut lalu nanti akan secara kolektif dikumpulkan oleh kementerian lembaga, dan dari kementerian lembaga nantinya akan mengirimkan pendaftaran itu setelah disahkan oleh Menteri Ketenagakerjaan dikirimkan kepada PMO. PMO akan mengukuhkan penetapan calon peserta Kartu Prakerja tersebut," tutur dia.

Editor : Ranto Rajagukguk