Rombak Jajaran Kemenkeu, Sri Mulyani Lantik 137 Pejabat

Jeanny Aipassa ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 20:04:00 WIB
 Rombak Jajaran Kemenkeu, Sri Mulyani Lantik 137 Pejabat
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, melakukan perombakan di jajaran Kementerian Keuangan, dengan melantik 137 pejabat baru, Senin (2/8/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, melakukan perombakan di jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dengan melantik 137 pejabat baru. 

Sri Mulyani melantik Awan Nurmawan Nuh sebagai Inspektur Jenderal Kemenkeu, menggantikan Sumiyati yang telah ditunjuk sebagai komisaris PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG) oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. 

Menkeu juga melantik Suminto sebagai Staf Ahli Bidang Jasa Keuangan dan Pasar Modal, serta 23 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 102 Pejabat Administrator, maupun 10 Pejabat Fungsional. 

Pelantikan yang berlangsung secara fisik dan virtual, pada Senin (2/8/2021) itu, merupakan hasil promosi, rotasi, dan mutasi di 
lingkungan Kemenkeu.

“Dengan ini saya resmi melantik saudara-saudara dalam jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Keuangan,” kata Sri Mulyani, seperti dikutip dari laman kemenkeu.go.id, Selasa (3/8/2021).

Selain memberikan ucapan selamat, Menkeu mengingatkan para pejabat untuk selalu meresapi dan mengingat sumpah jabatan yang diucapkan. Dia berharap, para pejabat baru tersebut menjadikan momentum pelantikan sebagai pengingat untuk menjaga kepercayaan masyarakat demi kepentingan bangsa dan negara.

“Jabatan adalah kepercayaan dan sekaligus tanggung jawab yang diberikan oleh institusi atau organisasi dimana Anda bekerja dan tentu merupakan  suatu kepercayaan,” ujar Sri Mulyani.

Terlebih dalam suasana COVID-19 dimana seluruh dunia berjuang dan mengatasi pandemi dan implikasinya, Menkeu meminta seluruh jajaran untuk berperan. 

Menurut Menkeu, pejabat pengelola keuangan negara yang bekerja harus profesional, karena APBN sebagai instrumen yang luar biasa penting bekerja merespon perubahan.

Terkait dengan itu, Sri Mulyani memberikan tiga kiat kepada para pejabat di jajaran Kemenkeu. Pertama, biasakan untuk bekerja secara cepat, cermat, dan terus beradaptasi.

Kedua, didalam lingkungan yang berubah secara luar biasa dinamis, maka para pejabat di lingkungan Kemenkeu perlu menjadi pejabat yang proaktif, tidak menunggu instruksi, petunjuk, dan arahan.

"Ketiga, saya meminta kepada anda semuanya di dalam menjalankan tugas sesuai dengan yang tadi anda telah sampaikan dalam sumpah, selalu melaksanakan dengan integritas yang penuh, tanpa cacat, dan ikhlas,” tutur Menkeu. 

Editor : Jeanny Aipassa