Rupiah Berpotensi Jadi Mata Uang Berkinerja Terbaik di Asia pada Kuartal IV

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 14 Oktober 2021 - 07:35:00 WIB
Rupiah Berpotensi Jadi Mata Uang Berkinerja Terbaik di Asia pada Kuartal IV
Rupiah berpotensi jadi mata uang berkinerja terbaik di Asia pada kuartal IV.

SINGAPURA, iNews.id - Rupiah berpotensi menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di Asia untuk sisa tahun ini. Potensi ini didukung naiknya harga komoditas yang diperkirakan akan mendorong surplus neraca perdagangan Indonesia.

Adapun neraca perdagangan Indonesia pada Agustus kembali mencetak rekor baru, dengan surplus sebesar 4,74 miliar dolar AS. Ini merupakan surplus ke-16 kali secara berturut-turut. 

Sementara sebagai negara pengekspor batu bara dan minyak sawit, Indonesia diuntungkan dari krisis energi global, yang telah mengguncang sejumlah negara importir komoditas. 

Rupiah menguat 1,3 persen pada kuartal III tahun ini di tengah melemahnya mata uang Asia lainnya akibat meningkatnya imbah hasil Treasury AS. Dengan rekor cadangan devisa negara, Bank Indonesia memiliki banyak amunisi untuk mendukung rupiah jika imbal hasil AS meningkat lebih lanjut dalam beberapa bulan ke depan. 

"Kami bersandar secara positif pada rupiah dan memperkirakan akan tetap menjadi salah satu mata uang berkinerja terbaik di semua pasar negara berkembang Asia di kuartal IV," kata Kepala Penelitian FX ASEAN dan Asia Selatan di Standard Chartered Bank di Singapura, Duvya Devesh, dikutip dari Bloomberg, Kamis (14/10/2021).

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: