Selamatkan Nasabah Jiwasraya, Erick Thohir Usul Bentuk Nusantara Life

Giri Hartomo ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 20:45 WIB
Selamatkan Nasabah Jiwasraya, Erick Thohir Usul Bentuk Nusantara Life

Salah satu upaya menyelamatkan nasabah Jiwasraya diusukan membentuk perusahaan asuransi baru bernama Nusantara Life. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melemparkan opsi baru untuk membayar utang nasabah polis PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Salah satunya dengan membentuk perusahaan asuransi baru bernama Nusantara Life. 

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, perusahaan baru tersebut akan masuk ke dalam holding BUMN Asuransi di bawah PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Perusahaan baru ini akan membawa nasabah polis Jiwasraya.

"Jadi intinya kan ada batal yang kami bahas. Yang pertama bahwa kita mulai melanjutkan proses restrukturisasi polis dari Jiwasraya, di mana kita yang pertama ingin mengusulkan pembentukan perusahaan baru di bawah Bahana yaitu perusahaan asuransi baru yang kita namakan Nusantara life," ujarnya saat ditemui di Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Menurut Pria yang kerap disapa Tiko ini, Kementerian BUMN baru memberi usulan ke Komisi VI DPR. Setelah itu, Kementerian BUMN juga akan meminta restu kepada komisi XI DPR untuk membentuk perusahaan baru ini.

"Belum kan ini di Komisi VI dulu panja. Kalau sudah sepakan baru ke komisi XI. Belum setuju mereka masih mau rapat internal dulu," ujar dia.

Jika disetujui, pihaknya akan bernegosiasi dengan nasabah Jiwasraya untuk bisa dialihkan kepada perusahaan baru ini. Rencananya, proses negosiasi dilakukan pada Agustus mendatang. 

"Kalau disetujui skema ini akan mulai Agustus. Tentunya kami mempunyai komitmen menyelesaikan masalah ini," kata Tiko. 

Pemanggilan tersebut dilakukan untuk memberitahu para pemegang polis bahwa apabila mereka ingin masuk ke skema penyelamatan polis dengan pindah ke new company itu memang harus ada sacrifice atau pengorbanan dari sisi janji masa depan. Namun dengan syarat bunga yang ditawarkan akan lebih rendah. 

Editor : Ranto Rajagukguk