Siap-Siap, Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Besok

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Minggu, 10 November 2019 - 15:04 WIB
Siap-Siap, Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Besok

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka besok. (Foto: Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka besok. Peserta dapat mengakses melalui website sscasn.bkn.go.id. 

Plt Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, saat ini pihaknya masih berupaya menyelesaikan proses verifikasi dan validasi formasi dari kementerian dan lembaga (K/L). Namun, dipastikan besok portal SSCASN sudah dapat dibuka.

"Saat ini proses verifikasi dan validasi formasi sedang dilakukan oleh BKN, tetapi besok portal tetap akan dibuka bisa pagi, siang atau malam sebelum jam 00.00," ujarnya kepada iNews.id, Minggu (10/11/2019).

Dia melanjutkan, jika proses ini bisa diselesaikan hari ini juga maka kemungkinan pembukaan pendaftaran CPNS 2019 akan dilangsungkan secara serentak. Namun, jika ada kendala dalam proses verifikasi dan validasi maka BKN akan membuka secara bertahap.

"Saya belum mendapat update berapa persen dari total yang harus diverifikasi dan validasi. Senin pagi saya akan koordinasi menangani SSCASN," kata dia.

Namun, dia memastikan besok portal SSCASN sudah bisa dibuka meski belum dipastikan pukul berapa. Oleh karenanya, ada baiknya peserta mempersiapkan berkas lamaran dan mengecek portal SSCASN secara berkala.

"Diusahakan ketika portal dibuka para pelamar sudah bisa langsung registrasi atau sekedar melihat untuk menentukan pilihan terhadap instansi maupun formasi yang tersedia," tutur dia.

Alur Seleksi CPNS 2019 adalah, setelah pengumuman pada Oktober ini akan dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran pada November. Dengan begitu, pada Desember mendatang bisa dilakukan pengumuman hasil seleksi administrasi.

Selanjutnya, seleksi kompetensi dasar (SKD) dilaksanakan pada Februari 2020. Sementara, seleksi kompetensi bidang diselenggarakan pada Maret 2020. Integrasi nilai SKD dan SKB digelar pada April 2020.


Editor : Ranto Rajagukguk