Simak Ya, Berikut Langkah-Langkah Ikut Pelatihan dengan Kartu Prakerja

Shelma Rachmahyanti ยท Sabtu, 25 September 2021 - 17:30:00 WIB
Simak Ya, Berikut Langkah-Langkah Ikut Pelatihan dengan Kartu Prakerja
Ilustrasi pelatihan program Kartu Prakerja. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id – Hasil seleksi Program Kartu Prakerja Gelombang 21 sudah diumumkan. Adapun hasil seleksi tersebut dapat dicek di Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id.

Bagi peserta yang lolos seleksi Program Kartu Prakerja akan menerima bantuan sebesar Rp3.550.000. Namun, bantuan sebesar Rp1.000.000 hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan.

Selain itu, peserta yang lolos juga akan menerima insentif pasca pelatihan sebesar Rp2.400.000, yang akan diberikan Rp600.000 selama empat kali. Terakhir, ada juga dana insentif pengisian tiga survei sebesar Rp150.000 yang akan dibayarkan Rp50.000 per survei.

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan, @kemnaker, ada beberapa langkah untuk mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja. Mulai dari mengecek dashboard Prakerja, hingga batas waktu pembelian pelatihan.

“Selamat kepada Rekanaker yang telah lolos sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 21! Berikut ini langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan, Sabtu (25/9/2021).

Berikut langkah-langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja:

1. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

2. Bandingkan pelatihan di SISNAKER, Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Kariermu, atau Tokopedia.

3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Lebih lanjut, Kementerian Ketenagakerjaan menjelaskan, Kartu Prakerja tidak diberikan kepada peserta dalam bentuk kartu fisik. Oleh karena itu, gunakan 16 angka pada Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan.

“Jaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja agar dapat terus membeli pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Sobat,” bunyi pernyataan Kementerian Ketenagakerjaan.

Kementerian Ketenagakerjaan menambahkan, peserta yang lolos diharapkan dapat memilih pelatihan dengan bijak. Pasalnya, kesempatan untuk mengikuti program ini hanya satu kali.

“Pastikan Rekanaker memilih pelatihan dengan seksama, karena kesempatan kamu untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali, lho. Jadi, pilih pelatihan dengan bijak. Jika mengalami kesulitan saat membeli pelatihan, kamu dapat menghubungi contact center mitra Platform Digital yang Rekanaker pilih ya,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan di akun Instagram.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: