Singapura dan Filipina Resesi, Indef: Ini Lampu Kuning

Rina Anggraeni ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:07 WIB
Singapura dan Filipina Resesi, Indef: Ini Lampu Kuning

Dua negara Asia Tenggara, Filipina dan Singapura telah mencatatkan ekonomi paling buruk di regional akibat dampak virus corona (Covid-19). (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Dua negara Asia Tenggara, Filipina dan Singapura telah mencatatkan ekonomi paling buruk di regional akibat dampak virus corona (Covid-19). Pasalnya, perekonomian keduanya sudah masuk resesi karena pada kuartal sebelumnya juga mengalami minus.

Terbaru, Filipina sudah masuk jurang resesi. Pertumbuhan ekonominya minus hingga 16,5 persen. Kebijakan karantina wilayah untuk mencegah virus corona justru membuat ekonomi menjadi melemah.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira menilai, penambahan negara yang mengalami resesi membuat Indonesia harus siap dengan bercermin kondisi negara tetangga.

"Jika Filipina resesi ini jadi indikasi kemungkinan Indonesia akan mengikuti pada kuartal ke III 2020. Situasi di kawasan ASEAN yang memburuk jadi lampu kuning karena setelah Singapura ada Filipina yang deklarasi resesi," kata Bhima saat dihubungi di Jakarta, Jumat (7/8/2020)

Dia melanjutkan ekspor ke Filipina turun tajam 21 persen selama periode Januari-Juni 2020 dibandingkan periode sebelumnya. Penurunan ini mencapai 700 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari 3,2 miliar dolar AS ke 2,5 miliar dolar AS membuat resesi Filipina berdampak pada kinerja ekspor Indonesia.

"Filipina sebagai negara yang berbatasan dengan Indonesia dan partner penting di ASEAN tentu punya jalur transmisi resesi ke Indonesia," katanya.

Editor : Ranto Rajagukguk