Sosok Bernard Chene, Bule Prancis Pencipta Nama Jokowi

Ilma De Sabrini ยท Sabtu, 09 November 2019 - 12:43 WIB
Sosok Bernard Chene, Bule Prancis Pencipta Nama Jokowi

Bernard Chene. (Foto: Youtube/Presiden Joko Widodo)

JAKARTA, iNews.id - Nama panggilan "Jokowi" milik Presiden Joko Widodo merupakan pemberian dari Bernard Chene. Bule asal Prancis itu tak lain mitra bisnis Jokowi saat mantan wali kota Solo itu berbisnis mebel.

Mulanya, Chene berbisnis dengan paman Jokowi di Solo. Dari situlah, dia dikenalkan dengan Jokowi yang saat itu baru lulus dari Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Kehutanan.

Chene menanyakan kesediaan Jokowi untuk memproduksi beberapa produk mebel. Lalu, Jokowi dengan nada mantap mengiyakan permintaannya sambil menunjukkan sejumlah model mebel.

"Dari situ saya langsung merasa bisa mempercayainya," ujarnya melalui akun Youtube Presiden Joko Widodo, Sabtu (9/11/2019).

BACA JUGA:

Ternyata Ini Awal Mula Joko Widodo Dipanggil Jokowi

Lewat Chene inilah, Jokowi merambah ekspor mebel ke Eropa. Dia masih berbisnis hingga saat ini di usianya yang ke-78 tahun dan bermukim di kota Sucy-en-Brie, di luar kota Paris.

Terjun ke dunia politik hingga menjadi RI-1 tak lantas membuat Jokowi melupakan sahabatnya itu. Saat kunjungan kerja ke Prancis, dia pernah menghubungi Chene untuk memintanya bertemu.

Chene awalnya ragu Jokowi akan menemuinya karena status Jokowi yang kini sudah menjadi presiden RI.

"Tapi kenyataannya, saya mendapat telepon dari Kedutaan Besar Indonesia, bahwa saya mendapat permintaan dari Tuan Presiden 'ia ingin bertemu Anda besok siang'," tuturnya.


Editor : Rahmat Fiansyah