Sri Mulyani: Banyak Ibu Ngomel karena Anak Bingung Belajar Online

Rina Anggraeni · Senin, 26 Oktober 2020 - 19:16:00 WIB
Sri Mulyani: Banyak Ibu Ngomel karena Anak Bingung Belajar Online
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus berkomitmen dalam membantu sistem pendidikan untuk Indonesia. Namun, seiring dengan pandemi Covid-19, hal ini mengubah sistem pembelajaran Indonesia dari secara fisik menjadi virtual.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, banyak mendapatkan cerita dari para Ibu-ibu yang kesulitan melihat anaknya menjalankan pendidikan secara virtual.

"Saya lihat di YouTube, lihat bilang ibu-ibu ngomong anak-anak banyak enggak sekolah. Ibu ngomel-ngomel banyak sekali anak-anak bingung sekolahnya dan belajar secara online," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (26/10/2020).

Dia menuturkan, anak sekolah belum siap dengan sistem belajar dari rumah secara online. Hal ini karena masih sulitnya memiliki penggunaan handphone dan membayar kuota internet

“Anak-anak enggak bisa sekolah dan anak-anak enggak siap dengan sistem belajar dari rumah secara online. Gimana anaknya punya dua dan tiga enggak punya hp yang mana susah membayar internet. Mereka bingung ngajarin mereka," katanya.

Menurut dia, pandemi Covid-19 memengaruhi aktivitas masyarakat sehingga adaptasi kebiasaan baru tidak bisa cepat berjalan. Apalagi, kasus positif Covid-19 terus bertambah yang membuat sejumlah aktivitas dibatasi.

"Pemerintah dalam menyikapi Covid-19 ini kita bergerak sangat cepat dan merespons ancaman Covid-19. Pemerintah mengeluarkan Perppu  (Peraturan Pengganti Undang-Undang) dikarenakan ada kegentingan kita enggak boleh bertemu secara fisik," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk