Sri Mulyani: Pak Basuki Jenderal Daendels Indonesia

Rully Ramli · Selasa, 24 September 2019 - 07:23 WIB
Sri Mulyani: Pak Basuki Jenderal Daendels Indonesia

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Foto: Humas PUPR)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memuji kinerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Sri Mulyani menyebut Basuki dengan julukan Jenderal Daendels-nya Indonesia.

Jenderal Herman Willem Daendels merupakan Gubernur Jenderal yang berkuasa pada masa Hindia Belanda. Salah satu "karya"-nya yang terkenal yaitu saat membangun jalan dari Anyer hingga Panarukan yang membentang di sepanjang utara Jawa sepanjang 1.000 km.

Sri Mulyani menyebut, Basuki pantas disandingkan dengan Jenderal Daendels karena berhasil membangun tol Trans Jawa. Kehadiran tol tersebut membuat Merak hingga Banyuwangi tersambung.

Menurut dia, keberhasilan itu juga berkat kerja keras seluruh jajaran Kementerian PUPR. Program pemerintah untuk membangun infrastruktur besar-besaran bisa dieksekusi dengan baik.

"Pak Basuki menjadi Bapak Daendels Indonesia. Pak Menteri PUPR dan jajarannya tidak kenal lelah, tidak kenal libur terus menerus membangun infrastruktur," ujarnya di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Selain itu, Sri Mulyani juga memuji jajaran Kementerian PUPR yang terus mendorong pembiayaan alternatif di luar APBN. Menurut dia, saat ini mulai banyak proyek-proyek infrastruktur yang memakai skema kerja sama pemerintah-badan usaha (KPBU).

"Untuk lima tahun kedepan, dalam RPJMN pembangunan infrastruktur membutuhkan Rp6.421 triliun, angka besar, tidak mungkin dibangun pemerintah sendiri. Untuk itu pembiayaan melalui APBN langsung tidak memungkinkan, maka solusinya KPBU," kata Sri Mulyani.


Editor : Rahmat Fiansyah