Sri Mulyani soal Suntikan Modal ke Jiwasraya: Saya Masih Fokus Covid-19

Rina Anggraeni ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 18:43 WIB
Sri Mulyani soal Suntikan Modal ke Jiwasraya: Saya Masih Fokus Covid-19

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum bisa membahas mengenai suntikan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Pasalnya, pemerintah masih fokus penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) sangatlah besar sehingga pemerintah harus menetapkan prioritas utama. “Untuk jiwasraya nanti mungkin ada penjelasan tersendiri. Saya tidak menggunakan hari ini dan kesempatan hari ini karena kita fokusnya RAPBN," kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Dia pun melanjutkan belum memiliki waktu untuk membahas Jiwasraya bersama Menteri BUMN mengenai suntikan modal. Pasalnya, pertemuannya dengan Menteri BUMN Erick Thohir hanya fokus dengan pemulihan ekonomi Indonesia akibat Covid-19.

"Kalau saya sudah mendapat semua dengan Menteri BUMN dan instansi lain kami akan sampaikan langkahnya. Kami tetap akan mendukung langkah yang dilakukan Kementerian BUMN dalam penanganan Jiwasraya," tuturnya.

Sebagai informasi, laporan keuangan Jiwasraya tahun buku 2019 telah diaudit dengan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Kantor Akuntansi Publik (KAP) Kanaka Puradiredja, Suhartono. Berdasarkan laporan keuangan tersebut, posisi aset perusahaan pada akhir 2019 tercatat sebesar Rp18,13 triliun.

Sementara itu, posisi kewajiban pada tahun buku 2019 berada di angka Rp52,74 triliun, dengan nilai ekuitas tercatat minus Rp34,61 triliun.

Editor : Ranto Rajagukguk