Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Ketahanan Pangan dan Energi dalam Hadapi Krisis Global

Michelle Natalia ยท Selasa, 31 Mei 2022 - 18:30:00 WIB
Sri Mulyani Tekankan Pentingnya Ketahanan Pangan dan Energi dalam Hadapi Krisis Global
Menkeu Sri Mulyani mewaspadai krisis global yang menjadi tantangan ke depan, khususnya terkait ketahanan pangan dan energi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai krisis global yang menjadi tantangan ke depan, khususnya terkait ketahanan pangan dan energi. Untuk itu, dia menyampaikan, fokus pemerintah dalam belanja untuk mendukung ketahanan pangan akan dilakukan dan dilanjutkan pada 2023.

"Belanja untuk ketahanan dan keamanan pangan akan dilanjutkan, baik untuk infrastruktur, maupun untuk program sendiri yaitu program di bidang pertanian seperti untuk padi, jagung, bahkan kedelai dan tentu minyak sawit atau crude palm oil (CPO),” ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Selasa (31/5/2022).

Sri Mulyani menambahkan, ketegangan geopolitik akibat perang Rusia-Ukraina yang telah menimbulkan krisis pangan dan energi di berbagai penjuru dunia harus segera diantisipasi. 

Merespon situasi tersebut, dia mengatakan, Indonesia harus mampu untuk mengurangi risiko disrupsi supply dengan langkah antisipatif.

“Disrupsi supply ini harus terus kita antisipasi karena ini bukan krisis jangka pendek, ini merupakan krisis yang cukup struktural di level global. Maka dari itu diantisipasi risikonya di bidang pangan dan energi dengan menggunakan strategi APBN maupun non APBN," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda