Sri Mulyani Tingkatkan Alokasi Dana BOS Menjadi Rp54,32 Triliun

Muhammad Aulia ยท Senin, 10 Februari 2020 - 19:39 WIB
Sri Mulyani Tingkatkan Alokasi Dana BOS Menjadi Rp54,32 Triliun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyan Indrawatii memutuskan untuk meningkatkan pendanaan untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi Rp54,32 triliun untuk tahun 2020. Angka ini lebih tinggi 6,03 persen dari tahun 2019 yang senilai Rp49 triliun.

Rencananya, dana tersebut dialokasikan ke 136.000 sekolah yang tersebar di 32 provinsi. Selain itu, dana tersebut juga akan dialokasikan untuk membiayai kurang lebih 45,4 juta murid di Indonesia saat ini.

"Kami berharap ini akan menjadi stimulus bagi sekolah dan mendorong transparansi dan fleksibilitas," kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin (10/2/2020).

BOS sendiri terdiri dari tiga kategori yakni Reguler, Kinerja, dan Afirmasi. Untuk BOS Reguler, penyaluran Tahap I akan dilakukan Januari, Tahap II April, sedangkan Tahap III selambat-lambatnya September 2020.

"Sedangkan BOS Kinerja dan BOS Afirmasi paling cepat April 100 persen," ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani menegaskan penyaluran dana BOS ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan kebijakan Merdeka Belajar yang digencarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Kebijakan tersebut sendiri berfokus pada meningkatkan fleksibilitas dan otonomi bagi tiap kepala sekolah untuk memanfaatkan dana BOS sesuai dengan kebutuhan sekolah yang beragam.

Namun demikian, alokasi dana BOS tersebut akan diiringi dengan pengetatan pelaporan pemanfaatan dana BOS. Hal ini bertujuan agar pemanfaatan dana BOS lebih transparan dan akuntabel.

Editor : Ranto Rajagukguk