Susi Pudjiastuti Harap Ritme Kerja KKP Tak Kendor di Bawah Komando Edhy Prabowo

Isna Rifka Sri Rahayu ยท Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:10 WIB
Susi Pudjiastuti Harap Ritme Kerja KKP Tak Kendor di Bawah Komando Edhy Prabowo

Susi Pudjiastuti (kanan) memberikan sambutan saat serah terima jabatan kepada Edhy Prabowo (kiri) di Kantor Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (23/9/2019). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Susi Pudjiastuti melepas jabatan menteri kelautan dan perikanan kepada Wakil Ketua Umum Gerindra, Edhy Prabowo. Susi berharap ritme kerja pegawai di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tidak kendor.

"Kawan-kawan (KKP) sudah terbiasa (kerja) high speed jangan diturunkan lagi kecepatannya, apalagi Pak Presiden (Jokowi) ingin Indonesia maju," kata Susi saat serah terima jabatan (sertijab) di Kantor KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dia berharap Edhy bisa mempertahankan pencapaian KKP yang telah diraih dalam lima tahun terakhir. Di antaranya produksi ikan tunai yang melimpah dan neraca perikanan yang positif.

"Neraca perdagangan perikanan dari 2015 nomor satu di Asia Tenggara, pertahankan itu untuk supaya Indonesia tetap jadi nomor satu," ucapnya.

Beberapa isu dititipkan oleh Susi kepada Edhy di antaranya pelestarian dan produktivitas laut. Selain itu, kesejahteraan nelayan juga harus diperhatikan karena sebelumnya mereka selalu diabaikan. Kesejahteraan juga mencakup peningkatan SDM nelayan.

"Bapak punya tugas baru sekarang visi presiden dengan Kabinet Indonesia Maju memperbaiki sumber daya manusia," ucapnya.

Perempuan kelahiran Pangandaran, Jawa Barat itu juga berharap Edhy bisa meneruskan cita-citanya untuk membangun 10 politeknik perikanan dalam setahun ke depan. Saat ini, dia mengakui hanya membangun tujuh politeknik dalam lima tahun.

"Antara mimpi saya dan realita lebih jauh. Pak Edhy lebih muda, badannya lebih besar dari saya, jadi 10 politeknik setahun mestinya bisa," ujar dia.


Editor : Rahmat Fiansyah