Tak Tergoyahkan, Bos Charoen Pokphand Jadi Orang Terkaya di Thailand

Rahmat Fiansyah ยท Sabtu, 11 Mei 2019 - 11:00:00 WIB
Tak Tergoyahkan, Bos Charoen Pokphand Jadi Orang Terkaya di Thailand
Dhanin Chearavanont saat ini menjabat sebagai Senior Chairman Charoen Pokphand Group. Dhanin menjadi orang terkaya di Thailand dengan kekayaan 15,2 miliar dolar AS. (Foto: Phuket News)

BANGKOK, iNews.id - 2019 bukan tahun yang baik bagi miliarder di Thailand. Perlambatan ekonomi dan gejolak pemilu membuat mata uang Baht dan indeks saham di negara itu anjlok.

Hal tersebut berdampak pada penurunan nilai kekayaan orang-orang terkaya di Thailand sebesar 2 miliar dolar AS menjadi 160,5 miliar dolar AS. Separuh populasi miliarder di Negeri Gajah Putih itu turun, termasuk mereka yang menempati empat posisi teratas.

Dikutip dari Forbes, Sabtu (11/5/2019) keluarga Chearavanont yang merupakan pemilik grup Charoen Pokphand masih memuncaki daftar orang paling tajir di Thailand. Kekayaan mereka jika dikumpulkan sekitar 30 miliar dolar AS atau Rp415 triliun.

Keluarga ini menyumbangkan lima orang dalam daftar orang terkaya di Thailand. Mereka masing-masing Dhanin Chearavanont 15,2 miliar dolar AS, Montri Jiaravanont 4,4 miliar dolar AS, Sumet Jiaravanon 4,5 miliar dolar AS, Jaran Chiaravanont 4,4 miliar dolar AS, dan Kiat Chiaravanont 2 miliar dolar AS.

Sarath Ratanavadi, pengusaha di bidang energi, mencetak kenaikan kekayaan paling tinggi dalam satu tahun terakhir sebesar 1,8 miliar dolar AS. Hal itu menempatkan dirinya masuk dalam daftar lima orang terkaya di Thailand untuk pertama kalinya.

Kenaikan kekayaan Sarath berasal dari melonjaknya harga saham Gulf Energy Development sebesar 57 persen. Hal tersebut karena performa ciamik perusahaan yang berhasil membukukan kenaikan pendapatan hingga dua kali lipat menjadi 628 juta dolar AS.

Sejumlah wajah baru muncul dalam daftar miliarder di Thailand yang mensyaratkan minimal harta 1 miliar dolar AS. Mereka yaitu Chaivat Taepaisitphongse pemilik Betagro Group dan Aiyawatt Srivaddhanaprabha, pewaris kekayaan ayahnya, Vichai yang meninggal dalam kecelakaan helikopter pada Oktober 2018.

Selain itu, ada juga nama Chartsiri Sophonpanich. Dia adalah bankir yang menempati posisi Presiden Bangkok Bank yang ditinggalkan ayahnya yang wafat Juni tahun lalu. Bos perusahaan semen TPI Polene, Prachai Leophairatana juga comeback dalam daftar orang terkaya di Thailand setelah "absen" selama lima tahun.

Berikut 10 daftar orang terkaya di Thailand pada 2019 versi Forbes:

1. Chearavanont bersaudara Charoen Pokphand (29,5 miliar dolar AS)

2. Charoen Sirivadhanabhakdi, Chang Beer (14,5 miliar dolar AS)

3. Aiyawatt Srivaddhanaprabha dan keluarga, King Power (5,9 miliar dolar AS).

4. Sarath Ravanadi, Gulf Energy Development (4,4 miliar dolar AS)

5. Vanich Chaiyawan, Thai Life (3,3 miliar dolar AS)

6.Prasert Prasarttong-Sosoth, Bangkok Dusit Medical Services (3,3 miliar dolar AS)

7. Somphote Ahunai, Energy Absolute (2,5 miliar dolar AS)

8. Chucat & Daonapa Petaumpai, Muangthai Leasing (2,4 miliar dolar AS

9. Krit Ratanarak, Channel 7 dan Bank Ayudhya (2,2 miliar dolar AS)

10. Harald Link, B. Grimm Group (2 miliar dolar AS)

Editor : Rahmat Fiansyah