Trump Minta Rusia Diundang Kembali ke KTT G-7

Rahmat Fiansyah ยท Sabtu, 09 Juni 2018 - 09:03:00 WIB
Trump Minta Rusia Diundang Kembali ke KTT G-7
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu saat sesi KTT G-7 di Quebec, Kanada, Jumat (8/9/2018). (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyerukan agar Rusia diundang dalam pertemuan konferensi tingkat tinggi (KTT) G-7, kelompok negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Rusia sebelumnya dikeluarkan dari kelompok G-8 menyusul langkah Moskow yang mencaplok Krimea pada 2014. Saat itu, Rusia mendapat kritik tajam dari para pemimpin dunia sehingga mendapatkan sanksi ekonomi.

“Mereka melempar Rusia keluar, mereka sebaiknya mengizinkan Rusia kembali lagi, karena kita seharusnya bersama Rusia dalam meja perundingan ini,” kata Trump di Quebec, Kanada, dikutip dari CNBC, Sabtu (9/6/2018)

Pernyataan Trump tersebut semakin membuat tensi antara AS dan sekutunya dari Eropa meningkat. Pasalnya, mereka saat itu mengutuk keras intervensi Rusia di Ukraina. Apalagi, Trump menerapkan tarif impor baja dan aluminium kepada Kanada dan Uni Eropa.

Kanselir Jerman, Angela Merkel mengatakan, seluruh negara Uni Eropa yang tergabung dalam G-7 sepakat bahwa Rusia belum memenuhi syarat untuk bergabung kembali. Negara-negara tersebut yakni Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia. Namun, Giuseppe Conte, Perdana Menteri Italia yang baru terpilih, menyatakan dirinya juga ingin Rusia kembali.

Sebelumnya, sekutu AS sudah mengancam akan menjaga jarak dengan Negeri Paman Sam. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, Prancis, Kanada, Italia, Jepang, Jerman, dan Inggris siap mengucilkan Trump dalam pernyataan bersama G-7.

Macron mengkritik AS soal kebijakan tarif sejak pertemuan itu belum dimulai. Dia juga menyebut, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau marah karena menyebut hubungan AS dan Kanada sangat kuat. Kanada menjadi salah satu negara yang terkena dampak kebijakan tarif impor.

Editor : Rahmat Fiansyah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda