Unicorn Diserbu Investor, Menkeu Sebut karena Incar Data Konsumen
JAKARTA, iNews.id - Pada era revolusi industri 4.0, bisnis sudah berbasis customer centric di mana semua terpusat pada pelanggan. Hal ini membuat data pelanggan sangat penting dimiliki oleh perusahaan.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, data-data aktivitas customer menjadi tambang baru bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, dari data ini perusahaan bisa mengetahui apa saja minat hingga kebiasaan pelanggan dalam konsumsi.
Data menjadi jalan pintas bagi pebisnis untuk mendapatkan feedback yang akurat dari pelanggan tanpa perlu melakukan survei. Sebab, melalui transaksi online semuanya bisa terekam dengan baik.
"Ini kenapa data is a new mining, jadi tambang baru. Kalau dulu tambang emas, timah, batu bara, berlian, sekarang siapa manusia terkaya semuanya has nothing to do with resources tapi something to do with data and techno," ujarnya di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Jakarta, Senin (25/2/2019).
Kendati demikian, data sama seperti tambang komoditas yang tidak akan bisa dimanfaatkan jika tidak dieksplorasi dengan baik. Oleh karenanya, pelaku bisnis harus cermat mengelola dan menganalisis data tersebut agar dapat melakukan langkah bisnis yang tepat sasaran.