Vaksin Covid-19 Sinovac Masuk Uji Klinis Tahap 3, Bio Farma Butuh Relawan

Rina Anggraeni ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 14:17 WIB
Vaksin Covid-19 Sinovac Masuk Uji Klinis Tahap 3, Bio Farma Butuh Relawan

Pemerintah terus mempercepat pengujian vaksin virus corona (Covid-19). (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus mempercepat pengujian vaksin virus corona (Covid-19). PT Bio Farma (Persero) yang ditugaskan menguji vaksin telah mencapai beberapa tahapan.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pemerintah tengah mencari relawan yang ingin mencoba pengujian vaksin Covid-19. "Mengenai uji klinis tahap tiga yang dilakukan Bio Farma, yang bekerja sama dengan Sinovac dari China. Kemudian juga melakukan penelitian ini bersama-bersama dengan Unpad dan Kemenkes. Jadi uji klinis tiga dilakukan BUMN biofarma sedang mencari relawan yang bersiap menjadi relawan uji klinis untuk tahap tiga ," kata Arya di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Dia mengaku sudah mendaftar jadi relawan. Untuk itu, dia mengajak masyarakat luas untuk ikut menjadi relawan uji klinis vaksin Bio Farma.

"Saya juga mengajak masyarakat lainnya untuk jadi relawan, supaya kita bisa berguna untuk bangsa dan negara. Mudah-mudahan dengan begini nantinya vaksin bisa digunakan untuk bangsa kita dan bangsa lain, semoga ini sukses," katanya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sebelumnya angkat bicara ihwal vaksin Covid-19. Terawan mengaku, akan menyiapkan personel untuk melakukan imunisasi serta menyiapkan anggarannya.

Diketahui, vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech, Ltd asal China telah tiba di Indonesia untuk diujicobakan ke sampel di Tanah Air. Hal ini akan dilakukan oleh para ilmuwan bekerja sama dengan Bio Farma.

Editor : Ranto Rajagukguk