Bio Farma Prediksi Uji Klinis Vaksin Covid-19 Selesai Akhir 2020

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 13:06 WIB
Bio Farma Prediksi Uji Klinis Vaksin Covid-19 Selesai Akhir 2020

Vaksin Covid-19 Sinovac. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan farmasi pelat merah PT Bio Farma (Persero) sudah menerima dan melakukan uji klinis vaksin Sinovac asal China. Pengujian mulai dilakukan pada 20 Juni 2020 lalu. 

"Dengan Sinovac dari China, kita telah menerima vaksin untuk uji klinis yang telah dimulai dan diharapkan akhir 2020 ini kita telah dapat hasil uji klinis ini," ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Selasa (28/7/2020). 

Sosok yang karib disapa Tiko ini juga mengatakan, Bio Farma tengah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan atau lembaga kesehatan dunia. Perusahaan akan menggandeng sejumlah produsen farmasi guna melihat vaksin Covid-19 lainnya. 

Lembaga yang sedang dikomunikasikan di antaranya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). Sementara, kerja sama dengan Sinovac terus dilakukan hingga vaksin benar-benar diproduksi secara masal. 

"Kita mengakses beberapa produsen vaksin lain untuk secara bersamaan melihat potensi penemuan vaksin dari berbagai belahan dunia," katanya. 

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, vaksin Covid-19 baru akan diproduksi pada awal 2021. Karena itu, sambil menunggu vaksin tersebut diproduksi, Erick meminta seluruh lapisan masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Yang harus diketahui, vaksin sudah akan diproduksi, tapi itu baru di Januari-Februari tahun depan. Berarti masih 6-7 bulan lagi kita harus menghadapi Covid-19 ini yang tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh negara di dunia,” ujar Erick 

Erick mengimbau pentingnya kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal ini diharapkan bisa menekan penyebaran Covid-19.

Editor : Ranto Rajagukguk