Wali Kota Bekasi: Menteri PUPR Siap Sediakan Dana Rp4 Triliun untuk Normalisasi Kali Bekasi

Antara · Senin, 06 Januari 2020 - 15:05 WIB
Wali Kota Bekasi: Menteri PUPR Siap Sediakan Dana Rp4 Triliun untuk Normalisasi Kali Bekasi

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. (Foto: Ant)

BEKASI, iNews.id - Hujan lebat pada awal 2020 menimbulkan banjir di sejumlah kecamatan di Kota Bekasi. Salah satu upaya mitigasi ke depan yang akan dilakukan yaitu menormalisasi Kali Bekasi.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menyediakan anggaran besar untuk menormalisasi Kali Bekasi.

"Saat berkunjung ke Kota Bekasi pekan kemarin, Menteri PUPR merencanakan pertemuan untuk membahas Kali Bekasi dan akan menyediakan dana sebesar Rp4 triliun untuk menormalisasi Kali Bekasi dari hulu hingga hilir," kata Rahmat di Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/1/2020).

Dia telah memerintahkan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor untuk mengerjakan mitigasi banjir tersebut.

"Saya sudah perintahkan dua dinas untuk berkoordiansi dengan dua daerah untuk membahas Daerah Aliran Sungai (DAS). Tujuannya supaya ketika nanti dipanggil menteri, kita sudah siap," kata dia.

Pada awal tahun 2020, seluruh kecamatan se-Kota Bekasi banjir. Sebanyak 8 dari 12 kecamatan masuk kategori parah, yakni Bekasi Timur, Rawalumbu, Jatisampurna, Medan Satria, Jatiasih, Pondok Gede, Bekasi Barat, dan Bekasi Selatan.

Rahmat menugaskan jajarannya untuk terjun ke seluruh titik banjir dan membantu warga dalam upaya pembersihan sisa banjir atau lumpur yang telah mengendap selama tiga hari belakangan.

"Dinas Lingkungan Hidup juga sudah saya perintahkan untuk mengangkut sampah-sampah warga yang menumpuk di sejumlah titik. Begitu juga dengan PDAM Tirta Patriot dan Tirta Bhagasasi untuk menyuplai air bersih untuk keperluan mandi dan mencuci warga," kata Rahmat.

Editor : Rahmat Fiansyah