Mal di Jakarta Boleh Buka Mulai 15 Juni 2020, Bioskop Kapan?

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 21:49 WIB
Mal di Jakarta Boleh Buka Mulai 15 Juni 2020, Bioskop Kapan?

Bioskop di Jakarta belum ada kepastian akan dibuka selama pandemi Covid-19. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga akhir Juni 2020. Kendati demikian, sejumlah mal dan pusat perbelanjaan di Jakarta bakal segera dibuka.

Lantas, bagaimana dengan bioskop dan sektor industri lainnya?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rencananya bioskop, studio rekaman dan rumah produksi film baru boleh dibuka pada fase II. Tapi, waktunya belum ditentukan.

"Rencananya (bioskop dibuka) di fase II. Tapi waktunya masih belum tahu kapan. Kita menunggu evaluasi dari fase I dulu," kata Anies Baswedan dalam siaran YouTube Pemprov DKI, Kamis (4/6/2020).

Sementara itu, pembukaan mal dan pusat perbelanjaan akan dilakukan di fase I secara bertahap dan dimulai pada 15 Juni 2020. Syaratnya, jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas.

"Pusat perbelanjaan atau mal dan pasar non-pangan baru bisa dimulai pada hari Senin, tanggal 15 Juni," ujar Anies.

Anies menegaskan, masa transisi ini akan dievaluasi pada akhir Juni 2020. Jika masa transisi membuat angka penularan virus corona meningkat, Gugus Tugas akan menghentikan semua kebijakan pelonggaran dan seluruh aktivitas akan kembali ditutup.

"Kalau di tengah jalan ada masalah (angka positif virus corona naik), gugus tugas bisa menghentikan masa transisi dan semua kegiatan seperti di perkantoran, pertokoan dan rumah ibadah tutup kembali," katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany