Resensi Film

Mengenang Kembali “Lilin-Lilin Kecil” dalam Film Chrisye

Siska Permata Sari · Minggu, 03 Desember 2017 - 21:37:00 WIB
Mengenang Kembali “Lilin-Lilin Kecil” dalam Film Chrisye
Vino G Bastian berperan sebagai Chrisye. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sosok musisi Indonesia legendaris, Chrismansyah Rahadi, kembali dibangkitkan melalui film “Chrisye” garapan Rizal Mantovani. Melalui tubuh Vino G Bastian, memori tentang Chrisye dihidupkan kembali lewat sebuah film biopik yang menceritakan sisi lain penyanyi “Lilin-Lilin Kecil” tersebut.

Film dibuka dengan permainan band di sebuah pesta ulang tahun. Chrisye di sana bermain gitar bas dalam sebuah band era 1970 hingga 1980-an bernama Gipsy. Di tempat ini jugalah, yang kemudian mempertemukan Chrisye dengan jodohnya, Damayanti Noor, yang diperankan lewat sosok Velove Vexia.

Kisah perjalanan musik musisi kelahiran Jakarta itu, kemudian berpindah pada adegan di mana ia digoda untuk berkarier musik solo. Lagu “Lilin-Lilin Kecil” menjadi “bom” pertama yang membuat Chrisye memutuskan untuk bersolo karier.

Ada pergolakan batin seseorang ketika melangkahkan kakinya untuk membuat keputusan sebagai seorang musisi. Apalagi saat keluarga menentangnya, terutama sang ayah yang diperankan oleh Ray Sahetapy.




Bukan cuma perjalanan karier Chrisye di industri musik Tanah Air, film garapan MNC Pictures ini, juga mengungkap kisah asmara antara Chrisye dan Yanti. Dari pendekatan, pernikahan, hingga memiliki anak-anak. Poin terakhir itulah, yang menjadi sarang kegelisahan seorang Chrisye sebagai musisi.

Kegelisahan yang tak banyak orang tahu. Kegelisahan yang hanya dihadapi oleh seorang Damayanti Noor, istri sekaligus ibu bagi anak-anak Chrisye. Inilah sisi lain yang tak banyak diketahui orang, termasuk para penggemar berat Chrisye. Sosok Chrisye yang gelisah dan kerap termenung ketika dalam rumah.

Hal yang berbeda ketika orang lain menjumpai Chrisye di luar rumah, atas panggung, dan berhadapan dengan kamera. "Ketika sampai di rumah, beginilah Chrisye. Dia (Bu Yanti), istrinya, yang menghadapi segala kegelisahan Chrisye di rumah," kata Vino, ketika ditemui iNews.id, dalam acara menonton bareng film Chrisye, di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Nostalgia juga dirasakan lewat soundtrack film ini. Di antaranya ada “Lilin-Lilin Kecil”, “Sendiri”, “Aku Cinta Dia”, “Kisah Cintaku”, dan paling mendalam dan diceritakan latar belakangnya adalah lagu religi Chrisye, “Ketika Tangan dan Kaki Berkata”.

Tak hanya mengetahui jejak karier Chrisye di industri musik, penonton juga ditarik untuk mengetahui "sisi lain" sosoknya yang tak banyak diketahui. Sosok Chrisye, dari kacamata seorang istri yang ditinggal sejak 30 Maret 2007. Artinya, 10 tahun sudah, sejak perginya legendaris itu. Sepuluh tahun yang dirayakan dengan sebuah film biopik yang tayang pada 7 Desember mendatang.

Selain Vino G Bastian dan Velove Vexia, film berdurasi 110 menit ini, juga dibintangi oleh aktor terkenal lainnya. Mereka adalah Ray Sahetapy, Dwi Sasono, Fendy Chow, Verdi Solaiman, Ayu Dyah Pasha, dan masih banyak lagi.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda