Syuting di Baduy, Widyawati Wujudkan Impian Almarhum Sophan Sophiaan

Siska Permata Sari ยท Kamis, 25 Oktober 2018 - 21:55 WIB
Syuting di Baduy, Widyawati Wujudkan Impian Almarhum Sophan Sophiaan

Widyawati bersama para pemain film Ambu. (Foto: iNews.id/Siska Permata Sari)

JAKARTA, iNews.id - Aktris senior Widyawati baru-baru ini telah menyelesaikan proses syutingnya di tanah Baduy, Banten, Jawa Barat untuk film terbarunya yang akan tayang awal tahun, Ambu. Uniknya, tanpa proses casting dan membaca naskah terlebih dahulu, istri almarhum Sophan Sophiaan ini langsung menerima tawaran film garapan sutradara Farid Dermawan.

"Awalnya saya telepon Mama Wid (Widyawati), mau bikin film di Baduy. Kata mama, ya sudah kapan ketemu? Saya sudah buat skenario dan sinopsis waktu itu, terus mama langsung bilang, ‘Oke mama ambil, padahal belum dibaca.’ Mengapa? Mama bilang, dulu om almarhum Sophan Sophiaan pengin bikin film di Baduy," kata Farid saat konferensi pers di The Hook, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/10/2018).

Aktris kelahiran Juli 1950 ini juga mengungkapkan, dirinya belum pernah menginjakkan kakinya di tanah Baduy dan selama ini hanya mendengar cerita dari suaminya semasa hidup. "Kenapa saya langsung terima film ini? Pertama saya belum pernah ke Baduy, kemudian almarhum (Sophan) juga kepingin sekali bikin film di Baduy. Itu dia kepingin banget bikin, tapi ya Tuhan punya rencana lain," kata Widyawati.

Selain harus menempuh perjalanan yang tak dekat dan lumayan menantang, aktris Pengantin Remaja (1971) ini juga harus belajar bahasa Baduy yang sama, tapi tak serupa dengan bahasa Sunda, apalagi bahasa kesehariannya. Proses reading yang lama hingga hidup tanpa listrik selama proses syuting juga menjadi tantangan tersendiri.

"Proses reading lumayan agak lama. Yang pasti saya dikerjain di film ini. Saya harus pakai rambut ekstension panjang sekali. Itu makan waktu cukup lama dan berat. Susah tidurnya," kata dia.

Sementara itu untuk bahasa, dirinya belajar dengan orang Baduy asli untuk pendalaman karakter sebagai karakter Ambu Misnah yang tinggal di Baduy. "Ketika kita reading, memang ada orang asli Baduy, jadi kita belajar langsung. Saat kita take misalnya, ada sedikit salah, mereka yang koreksi. Agak sulit memang, tapi saya kira tidak terlalu sulit," ucapnya.

Film Ambu rencananya tayang pada Januari 2019. Selain dibintangi Widyawati, film ini juga dibintangi Laudya Chintya Bella, Lutesha, Baim Wong, Endhita Wibisono, dan Andri Mashadi.

Editor : Tuty Ocktaviany