Antara Vaksin Sinovac, Astra Zeneca, Moderna, dan Pfizer, Mana yang Terbaik?

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 18 September 2021 - 11:34:00 WIB
Antara Vaksin Sinovac, Astra Zeneca, Moderna, dan Pfizer, Mana yang Terbaik?
Podcast Kata Dokter di RCTI+. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Halo semua, merapat yuk! Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadia Alaydrus balik lagi nih bukan hanya untuk menghibur, tapi juga memberikan banyak tips dan info seputar kesehatan. Pada episode kali ini, dr. Nadia bakal membahas salah satu hal yang sedang banyak membuat kita bingung nih, yaitu jenis vaksin! Mau tahu akan gimana penjelasannya? Yuk langsung dengerin di RCTI+.

Program vaksinasi di Indonesia sampai saat ini masih terus dijalankan. Perlahan, semakin banyak masyarakat yang akhirnya mau untuk divaksin. Namun, masih ada satu permasalahan yang seharusnya tidak pernah terjadi, yaitu masih banyaknya masyarakat yang pilih-pilih vaksin.

Sampai saat ini, ada 4 jenis vaksin yang banyak dikenal di Indonesia, Sinovac, Astra Zeneca, Moderna, dan Pfizer. Apa sih perbedaan keempat vaksin ini? Memangnya ada yang paling bagus? Menurut dr. Nadia, sebenarnya semua vaksin itu sama aja, sama-sama bertujuan untuk membuat tubuh kita kebal terhadap virus. Vaksin yang paling bagus adalah yang paling cepat kita dapatkan.

Di Indonesia sendiri, vaksin yang paling banyak beredar adalah Sinovac, kemudian Astra Zeneca. “Sinovac itu dibuat menggunakan metode inactivated virus, jadi virus yang hidup itu dimatikan. Lalu, Astra Zeneca ini menggunakan metode vektor, yaitu melakukan rekayasa terhadap virus,” ujar dr. Nadia. 

Meskipun menggunakan metode yang berbeda, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat tubuh kita mengenali virusnya terlebih dulu, sehingga tercipta imunitas. Tak jauh berbeda dengan Sinovac dan Astra Zeneca, vaksin Moderna dan Pfizer juga memiliki tujuan yang sama, agar tubuh kita tahu dan kenal dengan virus itu seperti apa. Mereka hanya menggunakan metode yang berbeda, yaitu metode mRNA.

Penasaran bagaimana kelanjutan penjelasan dr. Nadia? Yuk dengarkan selengkapnya di Podcast Kata Dokter hanya di RCTI+.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Bagikan Artikel: