Begini Cara Mudah Jalani 3 Resolusi Hidup Lebih Baik di 2018

Siska Permata Sari ยท Rabu, 03 Januari 2018 - 20:35 WIB
Begini Cara Mudah Jalani 3 Resolusi Hidup Lebih Baik di 2018

Biasakan untuk olahraga agar hidup lebih sehat. (Foto: Yahoo News)

JAKARTA, iNews.id - Berubah itu sulit. Apalagi mengubah diri sendiri menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Menulis resolusi semacam itu memang mudah-mudah saja, tetapi bagaimana dengan cara eksekusinya?

Mengubah kebiasaan lama Anda, tentunya tidak mudah dilakukan. Misalnya, Anda ingin lebih sehat di tahun 2018 dengan memulai olahraga rutin, serta menghindari makanan olahan.

Bisa juga resolusi yang Anda tulis itu adalah soal produktivitas kerja, di mana hal itu bersangkutan dengan fokus Anda. Nah, apakah semua itu bisa dilalui dengan mudah?

Psikolog Kanada Marina Milyavskaya dan Michael Inzlicht membeberkan cara mudah mewujudkan tiga resolusi itu, seperti olahraga sehat, menghindari makanan olahan atau camilan, dan memiliki fokus. Apa saja? Berikut paparannya, sebagaimana dikutip iNews.id dari The Cut, Rabu (3/1/2018).

Olahraga Rutin

Orang yang biasanya tak berolahraga, sangat lumrah jika membenci latihan fisik. Tapi Anda tak perlu membayangkan latihan fisik yang terlalu berat. Cukup melakukan jogging kecil selama 15 menit, kemudian tambahkan 15 menit lagi, begitu seterusnya.

Di awal-awal perubahan ini, Anda juga tak perlu terlalu keras berolahraga selama dua sampai tiga kali seminggu. Cukup satu kali seminggu, kemudian dua kali. Kemudian, olahraga rutin akan menjadi semacam kebiasaan baru yang menyenangkan.

Makan Sehat

Sama seperti olahraga, mengubah kebiasaan makan juga sama sulitnya. Bahkan, lebih sulit. Anda bilang hari ini akan diet, tapi kemudian selang berapa jam atau hari berikutnya, Anda kalap makan.

Jadi, beri peraturan sendiri bagi Anda. Misalnya, Anda suka keripik kentang atau makanan olahan lain, katakan pada diri sendiri jika Anda hanya boleh makan camilan dengan kandungan kalori dan gizi sekian. Terapkan jika Anda hanya boleh makan camilan satu kali seminggu. Sebab, lama-kelamaan Anda akan terbiasa hidup tanpa keripik kentang atau camilan tersebut.

Fokus

Di era teknologi ini, mendapatkan fokus bisa jadi sangat sulit. Sebab, ketika dalam pekerjaan, Anda akan sangat tergoda untuk melihat ponsel dan berselancar di internet sebentar. Mengumpulkan fokus memang tak semudah memerintah pada diri sendiri untuk fokus, ini lebih pelik. Jika Victor Hugo saja harus melepas pakaiannya dan menguncinya dalam lemari agar tidak keluar rumah untuk menyelesaikan deadline tulisan The Hunchback of Notre Dame, Anda juga harus memiliki cara unik sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa terganggu “gangguan” fokus tersebut. Misalnya, dengan cara sederhana seperti mematikan ponsel atau paket datanya saja untuk fokus sejenak pada pekerjaan Anda.

Selamat mencoba!

Editor : Tuty Ocktaviany