Bunda, Cara Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Siska Permata Sari ยท Kamis, 08 Februari 2018 - 21:19:00 WIB
Bunda, Cara Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak
Main puzzle bisa meningkatkan kecerdasan anak. (Foto: Earlyyearscount)

Bunda, Cara Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

JAKARTA, iNews.id - Bermain bersama anak, rupanya tak hanya bermanfaat bagi keintiman hubungan bersama orangtua. Tetapi juga membantu menstimulasi otak anak dan merangsang tumbuh kembang kecerdasannya.

Bagaimana caranya? Seorang psikolog di Jakarta, Ratih Ibrahim, M.M. mengatakan, jika setiap anak dikaruniai bakat kecerdasan yang lengkap.

"Kecerdasan yang sifatnya majemuk ini, meliputi kognitif, psikomotor, dan psikososial, butuh dikembangkan secara optimal dengan stimulasi yang sesuai usianya," ungkap Ratih saat ditemui iNews.id saat acara Bricklive Jakarta di Pantai Indah Kapuk (PIK) Avenue, Jakarta Utara, Kamis (8/2/2018).

Salah satu stimulasi yang menyenangkan dengan bermain bersama anak. Agar optimal, pilihlah permainan yang mengandung unsur edukatif dan mampu merangsang kreativitas anak, seperti Lego, puzzle, atau lilin (malam).

Ratih menerangkan, betapa pentingnya stimulasi di masa tumbuh kembang anak. Di antaranya mengembangkan kecerdasan kognitif, psikomotorik, dan psikososial. Selain itu, kata dia, stimulasi dengan bermain bersama anak juga mampu membantu dirinya memiliki self-esteem yang baik.

Dari segi kognitif saja, anak akan belajar soal konsep dasar, belajar bernalar, berimajinasi, dan meningkatkan daya konsentrasi.

"Kemudian di segi psikomotorik, anak bisa belajar cara koordinasi mata dan motorik, mengasah keterampilan motorik halus, dan motorik kasar," jelasnya.

Terakhir, segi psikososial. Ketika anak bermain dengan Anda atau teman seusianya, si anak akan belajar berinteraksi, bekerja sama, dan membuat emosinya gembira, di mana hal ini penting untuk menjaga emosi anak tetap sehat.

Bricklive Jakarta sendiri merupakan acara petualangan interaktif LEGO pertama di Indonesia. Acara ini hadir di PIK Avenue Jakarta pada 7-17 Juni 2018.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: