Canangkan Program Kampus Sehat, Menkes Terawan Tekankan Pentingnya Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Rizqa Leony Putri · Sabtu, 21 November 2020 - 14:20:00 WIB
Canangkan Program Kampus Sehat, Menkes Terawan Tekankan Pentingnya Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Kemenkes canangkan Program Kampus Sehat. (Foto: iNews.id/Rizqa Leony)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kesehatan mulai melirik perguruan tinggi sebagai kawasan untuk menerapkan perilaku hidup sehat. Hal itu diterapkan melalui Program Kampus Sehat yang telah dilaksanakan di beberapa kampus seluruh Indonesia.

Tak terkecuali pada 20 kampus yang baru-baru ini dicanangkan sebagai Health Promoting University (HPU) pada Kamis 19 November 2020 di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY). Adapun HPU ini merupakan program kerjasama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya, program ini telah lebih dulu dilakukan pada 37 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa wilayah kampus telah menjadi tempat berkumpulnya masyarakat berusia produktif. Mereka tentu saja merupakan salah satu potensi yang dimiliki negara untuk menjadi agen perubahan.

"Implementasi kampus sehat sangat diperlukan untuk pembudayaan masyarakat hidup sehat atau Germas di kampus, khususnya dalam pencegahan penyakit menular seperti Covid-19," ujar Menteri Terawan dalam Seminar Nasional Kampus Sehat, Kamis (19/11/2020), yang merupakan satu rangkaian acara dengan Pencanangan Kampus Sehat.

Dalam sambutannya, Menteri Terawan berharap agar seluruh lembaga pendidikan dan perguruan tinggi dapat menjadi kampus sehat. Tak hanya itu, diharapkan semua pihak dapat saling menguatkan satu sama lain.

“Harapan ke depan seluruh lembaga pendidikan dan perguruan tinggi dapat menjadi kampus sehat dan siaga Covid-19. Pencanangan Kampus Sehat diharapkan mampu menguatkan, memotivasi serta mendorong semakin banyak membentuk kampus sehat secara menyeluruh melalui edukasi dan promosi kesehatan,” kata Menteri Terawan.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI bersama dengan Health Promoting University (HPU) UGM itu, Terawan menjelaskan bahwa kebiasaan hidup sehat dapat melindungi warga kampus dari terjangkit Covid-19. Salah satunya dengan menerapkan perilaku 3M.

“Jangan kendor lakukan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak,” ujar Menteri Terawan.

Seperti diketahui, program Kampus Sehat merupakan upaya untuk menciptakan kampus sebagai lingkungan yang mendukung mahasiswa dan sivitas akademika beraktivitas di dalam kampus dengan kondisi sehat. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Kirana Pritasari.

"Pandemi ini memberikan hikmah untuk lebih mendorong menerapkan perilaku hidup sehat baik dari dalam maupun luar kampus. Komitmen 20 perguruan tinggi menerapkan program kampus sehat adalah semangat luar biasa dari lembaga pendidikan," kata Kirana.

"Kita tidak ingin sebagai manusia produktif setelah lulus menjadi SDM yang tidak optimal karena tidak sehat, sebab kampus tidak menerapkan perilaku bersih dan sehat" ujar Kirana.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam menuturkan bahwa sejatinya kampus yang sehat harus diwujudkan demi melahirkan SDM yang unggul. Hal itu dapat diwujudkan, utamanya melalui perilaku hidup bersih dan sehat.

"Kampus yang sehat baik jasmani, mental, spiritual, dan lingkungan aman serta nyaman harus diwujudkan untuk melahirkan SDM unggul dalam meraih peluang bonus demografi yang membawa Indonesia yang maju dan masyarakat makmur," ujar Nizam.

"Perilaku hidup bersih dan sehat yang harus dikedepankan terutama menghadapi pandemi. Mari bersama-sama mewujudkan kampus sehat dan masyarakat sehat," katanya.

Editor : Tuty Ocktaviany